Teknologi Otomotif

    Antar Mobil Bisa Saling Berbicara dengan V2X

    Ekawan Raharja - 11 Januari 2021 15:00 WIB
    Antar Mobil Bisa Saling Berbicara dengan V2X
    Ilustrasi. Toyota.
    Jakarta: Pengembangan teknologi mobilitas terus dilakukan untuk meningkatkan standar keselamatan dan kenyamanan manusia dalam bepergian. Bahkan di masa depan, tidak menutup kemungkinan antar mobil bisa saling berbicara untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya.
     
    Proses komunitas antar kendaraan ini mungkinkan terjadi apabila menggunakan teknologi vehicle to something (V2X). Teknologi ini bahkan sudah dikembangkan oleh perusahaan di dalam negeri yakni Delameta.
     
    Direktur Utama Delameta Tri Bayu Wicaksono, menjelaskan V2X merupakan teknologi komunikasi pertukaran data jarak pendek antar sesama sarana maupun infrastruktur transportasi.  Mereka akui sedang mengembangkan teknologi ini sebagai solusi untuk meningkatkan keselamatan transportasi, menjalankan kendaraan secara autonomous (tanpa pengemudi), dan digunakan di smart city transportation.
     
    "Kami yakin V2X akan berguna di Indonesia untuk kebutuhan keselamatan transportasi dan juga smart city. Ke depan, pengguna V2X akan mencapai ratusan juta kendaraan dan perangkat pintar,” ujar Tri Bayu Wicaksono melalui surat elektroniknya.
     
    Saat ini, V2X marak dikembangkan di berbagai negara seperti Amerika Serikat (AS), Jerman, Jepang dan berbagai perusahaan teknologi dan transportasi ternama dunia, seperti Google, Tesla, Huawei, Siemens, Toyota, VW, Mercedes-Benz, dan BMW. V2X akan diterapkan secara global oleh pabrikan otomotif dan perusahaan teknologi dunia itu.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id