Tilang Elektronik

    Tilang Elektronik Bakal Berlaku Nasional, Kenali Cara Kerja & Pembayarannya

    Ekawan Raharja - 19 Februari 2021 11:00 WIB
    Tilang Elektronik Bakal Berlaku Nasional, Kenali Cara Kerja & Pembayarannya
    Kamera CCTV untuk tilang elektronik. MI/Pius Erlangga
    Jakarta: Kepolisian Indonesia berencana untuk menerapkan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE) secara nasional. Sebagai permulaan, rencananya akan ada 10 wilayah di Indonesia yang akan memulai proyek ini.

    Bagi masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya di luar DKI Jakarta, cukup baru dengan sistem tilang ini. Sehingga alangkah lebih baiknya jika masyarakat mengenal bagaimana proses tilang elektronik ini bekerja dan cara mekanisme pembayaran denda.

    Sistem tilang elektonik ini mengandalkan menggunakan kamera pengawas CCTV, untuk melihat pelanggaran yang dilakukan pengendara mobil dan sepeda motor pengguna jalan. Di Jakarta, sejumlah CCTV sudah dipasang di sejumlah titik untuk memantai pelanggaran yang terjadi di jalan raya.

    Bila melihat kamera yang terpasang atau yang dimiliki oleh Ditlantas Polda Metro Jaya terdapat beberapa spesifikasi yang berbeda-beda. Pertama dilengkapi dengan fitur Automatic Number Plat Recognation (ANPR) yang mampu mendeteksi jenis pelanggaran marka dan lampu lalu lintas. Kemudian kamera check point yang dapat mendeteksi jenis pelanggaran ganjil genap, tidak menggunakan sabuk keselamatan, dan penggunaan ponsel oleh pengemudi mobil. Ada juga kamera speed radar yang terkoneksi dengan kamera check point untuk mendeteksi kecepatan kendaraan yang melintas. 

    Kamera tersebut mampu menangkap gambar, lalu dikaji oleh petugas untuk menentukan jenis pelanggarannya, nomor polisi kendaraan akan terekam, dan disesuaikan dengan data base yang sudah ada. Setelah dikonfirmasi jenis pelanggarannya, petugas akan menangkap gambar pelanggaran untuk selanjutnya dijadikan bukti otentik.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id