Transportasi Umum

    Selain Bluebird, Grab Juga Tawarkan Taksi Listrik di Bandara

    Ekawan Raharja - 27 Januari 2020 11:38 WIB
    Selain Bluebird, Grab Juga Tawarkan Taksi Listrik di Bandara
    GrabCar Elektrik kini tersedia di Bandara Soekarno-Hatta. Medcom.id/Ekawan Raharja

    Cengkareng: Bisnis taksi di area bandara memang menarik bagi banyak operator, dan mereka berlomba-lomba dengan menghadirkan berbagai jenis layanan. Salah satu yang cukup baru dari layanan taksi di Bandara Soekarno-Hatta adalah penggunaan taksi online berbasis mobil listrik yang dioperatori GrabCar.

    Menurut data dari PT Angkasa Pura II, area Bandara Soekarno-Hatta memiliki kebutuhan 200 ribu unit taksi per harinya. Hanya saja untuk sekarang ini, baru tersedia 30 persen untuk memenuhi kebutuhannya tersebut sehingga masih terbuka lebar peluang bisnis taksi di tanah air, dan Grab memiliki komitmen dalam mengembangkan ekosistem transportasi di tanah air.


    "GrabCar Elektrik merupakan bentuk nyata dari komitmen kami untuk mendukung ekosistem EV di Indonesia yang telah kami sampaikan ketika memperoleh investasi USD 2 miliar dari SoftBank tahun lalu. Kedepannya, kami ingin menjadi salah satu pendorong yang menginisiasi kolaborasi bersama untuk menghadirkan solusi transportasi yang lebih efisien dan juga ramah lingkungan serta membangun kemitraan yang lebih erat dengan Hyundai,” ungkap President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, Senin (27/1/2020) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Banten.

    Selain Bluebird, Grab Juga Tawarkan Taksi Listrik di Bandara

    Sebagai proyek awalan, GrabCar Elektrik ini akan mengoperasikan 20 unit taksi listrik dari Bandara Soekarno-Hatta menuju tujuan penumpang. Seluruh taksi listrik yang digunakan oleh perusahaan sharing transportation ini adalah Hyundai Ioniq yang merupakan mobil dengan teknologi Battery Electric Vehicle (BEV).

    "Kenapa kami menyebutkan program EV Grab Ecosystem Roadmap, karena kami tidak bisa berdiri sendiri dan membutuhkan bantuan yang lainnya."

    President Director Hyundai Motors Indonesia, Sung Jong Ha, turut bangga dan mengucapkan selamat kepada Grab atas inovasi yang diberikannya ini. Penggunaan Ioniq sebagai armada taksi diharapkan bisa memberikan pengalaman dan memenuhi kebutuhan dengan memanfaatkan teknologi canggih mobil listrik yang ditawarkan.

    Selain Bluebird, Grab Juga Tawarkan Taksi Listrik di Bandara

    "Saya berharap pelanggan Grab di Indonesia dapat menikmati kenyamanan mengendarai mobil elektrik yang ramah lingkungan. Momen ini juga menjadi sebuah pencapaian besar bagi kami yang menunjukkan dukungan kami telah sejalan dengan visi pemerintah Indonesia terkait dengan mobilitas masa depan,” di kesempatan yang sama.

    Mitra Grab Elektrik, Haris Efendi, menjelaskan saat ini hanya tersedia 20 unit mobil dan baru ada di Bandara Soekarno-Hatta saja sekarang ini. Konsumen bisa memanfaatkan layanan ini melalui aplikasi GrabCar dan kemudian memilih GrabCar Elektrik.

    "Soal harga jika dibandingkan GrabCar biasa memang lebih mahal. Sebagai contoh, jika Bandara ke Bundaran Hotel Indonesia sekitar Rp200 ribu maka untuk GrabCar Elektrik ini bisa kena Rp270 ribu."

    Kehadiran GrabCar Elektrik kini menambah daftar taksi listrik yang tersedia di bandara terbesar tanah air tersebut. Sebelumnya, Blurbird sudah menghadirkan layanan serupa dengan menggunakan mobil BYD, dan SilverBird dengan mobil Tesla.





    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id