Transportasi Umum

    Mengapa Transportasi Massal Patut Dihindari di Momen Pandemik

    Ekawan Raharja - 25 Agustus 2020 07:40 WIB
    Mengapa Transportasi Massal Patut Dihindari di Momen Pandemik
    Utamakan menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian sekarang ini. MINI
    Jakarta: Di tengah Pandemik Virus Korona yang terjadi sekarang ini, keselamatan di jalan bukan hanya sekadar menghindari kecelakaan lalu lintas namun termasuk menjaga kesehatan. Jalanan, ruang bertemu aneka ragam orang, sekarang ini sangat beresiko terpapar Virus Korona dan ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan di jalan.
     
    Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, bercerita sekarang ini keselamatan di jalan tidak hanya sebatas menjaga diri dari kecelakaan tetapi juga dari paparan virus korona yang merebak. Untuk itu dia menyarankan kepada masyarakat untuk memperkecil resiko terpapar di jalan dengan meminimalisir berbagai bentuk perjalanan.
     
    "Caranya dengan mengurangi probabilitas terpapar oleh orang-orang yang tidak dikenal. Untuk berbagai kegiatan sebaiknya gunakan saluran lainnya, dan sekarang ini sudah dipermudah dengan adanya berbagai fasilitas," ungkap Jusri Pulubuhu Senin (24/8/2020) kepada Medcom.id.
     
    Dia memberikan contoh untuk rapat-rapat yang dilakukan atau pertemuan yang bersifat tidak darurat bisa menggunakan pertemuan virtual seperti menggunakan Zoom atau Google Hangout. Selain itu untuk pengiriman barang atau dokumen bisa memanfaatkan jasa kurir atau ojek online, sehingga barang-barang yang dibutuhkan bisa berpindah dengan cepat.
     
    "Sedangkan apabila memang harus melakukan perjalanan dan mendesak, di saat sekarang ini menggunakan kendaraan pribadi. Di sini (kendaraan pribadi) sepenuhnya adalah area kita, bisa dikontrol kebersihannya, siapa saja yang bepergian bersama kita, dan tidak bersentuhan dengan orang yang tidak dikena."
     
    Selain itu, Jusri juga menyarankan kepada pemerintah untuk meningkatkan pelayanan transportasi umum agar nyaman dan aman digunakan di saat Pandemik Virus Korona sekarang ini. Protokol pencegahan Virus Korona juga harus dilakukan secara ketat untuk memastikan kesehatan masyarakat yang menggunakan jasa transportasi umum untuk bepergian.

    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id