Pembiayaan Otomotif Asing, Berebut Investasi di Pasar Nasional

    Ekawan Raharja - 22 Februari 2019 13:45 WIB
    Pembiayaan Otomotif Asing, Berebut Investasi di Pasar Nasional
    Kerjasama antara Sun Motor Group dengan KB Capital untuk urusan pembiayaan kredit mobil. Medcom.id/Ahmad Garuda
    Bogor: Pasar otomotif Indonesia yang semakin berkembang, membawa rezeki besar industri pembiayaan. Tidak sekadar industri pembiayaan lokal, namun masuknya berbagai merek dari luar negeri menjajakan produknya di tanah air, jadi opsi besar. Apalagi kerja samanya langsung dengan distributor otomotif yang punya pengaruh besar.
     
    Seperti yang dilakukan perusahaan pembiayaan KB Capital yang tergoda untuk masuk ke industri pembiayaan di Indonesia, setelah sebelumnya sukses masuk ke pasar otomotif Laos pada 2017. Kemudian di awal 2019 ini, perusahaan asal Korea Selatan ini masuk ke Indonesia untuk menawarkan berbagai program pembiayaan kendaraan.
     
    Langkah pertama yang dilakukan KB Capital adalah menandatangani perjanjian jual beli 85 persen saham dari PT Sunindo Parama Finance, salah satu anak perusahaan dari Sun Motor Group. Seperti yang diketahui Sun Motor Group merupakan salah satu grup otomotif yang sudah lama aral melintang di industri otomotif Indonesia, dan memasarkan berbagai merek mobil.
     
    “Melalui joint venture ini, kami akan mempersatukan captive market dari Sun Motor Group dan pengalaman KB Financial Group di bidang keuangan. Guna mempercepat kestabilan joint venture, KB Capital berencana melakukan kerja sama dengan Bank Bukopin dimana Kookmin Bank mempunyai 22 persen saham dan KB Insurance Indonesia yang telah terlebih dahulu masuk ke pasar asuransi di Indonesia,” jelas Chief Executive Officer KB Capital, Hwang Soo Nam, melalui keterangan resminya.
     
    Pembiayaan Otomotif Asing, Berebut Investasi di Pasar Nasional

    Pendiri dan Presiden Komisaris PT Sun Motor Group, Imelda Sundoro, menyambut baik kerjasama yang dilakukan oleh KB Capital dan Sun Motor Group. Sehingga ini akan menjadi peluang untuk mempermudah konsumen mereka mendapatkan mobil impiannya.
     
    “Kami berharap dengan hadirnya produk baru pembiayaan dari Sunindo Parama Finance yang didukung oleh KB Capital ini semakin memberikan kemudahan dan pengalaman baru bagi para konsumen Sun Motor Group dalam memiliki kendaraan impian,” ungkap Imelda.
     
    Sun Motor Group merupakan jaringan penjualan kendaraan Mitsubishi, Suzuki, Chevrolet, MAN, Nissan, Datsun, Hino, Toyota, dan DFSK. tercatat mereka saat ini telah memiliki lebih dari 60 dealer yang tersebar di berbagai kota di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan.
     
    Masuknya KB Capital tentu akan menambah pilihan beragam pembiayaan kendaraan di Indonesia. Sebelumnya tentu sudah ada seperti Adira Insurance atau Oto Kredit Mobil. Selain itu para perbankan juga tidak ketinggalan masuk ke pasar otomotif dengan menawarkan program pinjaman khusus untuk pembelian kendaraan bermotor seperti KKB (kredit kendaraan bermotor) milik BCA.


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id