Beringasnya Kuda Jingkrak F8 Tributo

    Ekawan Raharja - 02 Maret 2019 13:02 WIB
    Beringasnya Kuda Jingkrak F8 Tributo
    F8 Tributo memiliki tenaga 50 daya kuda lebih kuat dari 488 GTB. Ferrari
    Jenewa: Ferrari akhirnya memperkenalkan penerus dari 488 GTB yakni F8 Tributo di lantai Geneva Motor Show 2019. Jelas dengan kehadiran F8 Tributo, kini status kuda jingkrak paling buas dipegang oleh supercar bermesin tengah tersebut.

    Pabrikan asal Maranello, Italia, tersebut masih menyematkan mesin V8 3.902 cc yang sudah memenangkan Best Engine selama tiga tahun beruntun sejak 2016 sampai 2018. Hanya saja F8 Tributo diklaim lebih ringan, jauh lebih kuat, aerodinamis, dan memiliki sistem kontrol stabilitas yang jauh lebih canggih.

    Meski sama-sama menggendong mesin V8, F8 Tributo memiliki tenaga 50 daya kuda lebih kuat dari 488 GTB yakni 710 daya kuda. Catatan akselerasi 0 - 100 kilometer per jam tembus di 2,9 detik dengan menggunakan sistem launch control. Sedangkan untuk mencapai 200 kilometer per jam membutuhkan waktu 7,8 detik.

    Beringasnya Kuda Jingkrak F8 Tributo

    Salah satu kunci dari peningkatan ini adalah reduksi bobot hingga 40 kilogram dan perbaikan aerodinamis di F8 Tributo. Bagian depan mobil menggunakan rancangan S-Duct seperti yang ada di 488 Pista, tetapi telah dirancang ulang agar sesuai dengan modifikasi ekstensif yang dilakukan pada area mobil ini. Penggunaan S-Duct di bagian depan diakui bisa meningkatkan 15 persen keseluruhan downforce dibandingkan dengan 488 GTB.

    Kemudian di bagian belakang juga disematkan spoiler yang cukup panjang dan lebar, hampir memayungi lampu belakang. Desain ini juga jelas mempengaruhi aliran angin dari depan ke belakang.

    Sedangkan untuk mengendalikan tenaga 710 daya kuda, Ferrari menyematkan versi baru dari Ferrari Dynamic Enhancer (FDE +) yang dapat diaktifkan pada posisi RACE manettino untuk pertama kalinya. Roda kemudi juga lebih kecil diameternya untuk meningkatkan tingkat handling dan membuat mobil terasa lebih gesit.

    Beringasnya Kuda Jingkrak F8 Tributo

    Beralih ke kabin, masih mempertahankan nuansa kokpit klasik seperti yang ada di Ferrari Berlinetta. Tetapi beberapa detail seperti dasbor, panel pintu, dan konsol tengah di desain ulang. Desain setir baru, kisi-kisi AC berdesain baru, layar sentuh berukuran 7 inci, dan beberapa detail tombol bisa ditemukan di supercar teranayar Ferrari.

    Kehadiran F8 Tributo dengan spesifikasi yang diusungnya, jelas menjadi lampu kuning untuk beberapa pabrikan supercar lainnya. Sebut saja McLaren 600LT dengan mesin 3.800 cc V8 hanya memiliki tenaga 591 daya kuda. Kemudian Lamborghini Huracan Performante yang mengusung mesin V10 hanya memiliki tenaga sekitar 630 daya kuda.

    Akankah F8 Tributo masuk ke Indonesia? Halo Ferrari Jakarta!



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id