Toyota Bakal Jualan Ertiga?

    Ekawan Raharja - 27 Maret 2019 16:45 WIB
    Toyota Bakal Jualan Ertiga?
    New Ertiga Sport menjadi varian tertinggi Ertiga sekaligus MPV termahal Suzuki Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Langkah penting diambil oleh Toyota yang berencana memasarkan Ertiga melalui dealer mereka. Seperti yang kita ketahui, Ertiga merupakan mobil produksi Suzuki yang menjadi rival Toyota Avanza di tanah air.

    Dikutip dari Autocar India, Toyota akan memasarkan Ertiga karena ini bagian dari kerja sama kedua untuk bekerja sama mengsuplai beberapa model mobil di India dan Afrika, serta mempopulerkan mobil listrik. Nantinya Toyota akan memasarkan Ciaz dan Ertiga di India dan Afrika, sedangkan Toyota akan memasok Corolla Altis untuk Suzuki Maruti per 2020 setelah generasi selanjutnya diperkenalkan.

    Sayangnya sampai saat ini belum ada jadwal yang jelas kapan Toyota akan mulai memasarkan multi purpose vehicle (MPV) yang juga terkenal di Indonesia. Diketahi Toyota baru memastikan akan menjual Baleno dengan emblem Toyota di 2019, dan Vitara Brezza yang akan diproduksi di pabrik Toyota Kirloskar Motor Plant, Karnataka, pada 2022.

    Melihat peluang ini, Autocar India juga sudah mengeluar desain rekaan Ertiga dengan emblem Toyota. Ada sejumlah ubahan minor yang dilakukan juga untuk disesuaikan dengan bahasa desain Toyota.

    Toyota Bakal Jualan Ertiga?
    gambar rekaan Toyoyta Ertiga. Autocar India

    Perubahan paling mencolok ada di bagian wajah dengan. Grill dan bumper dibuat lebih tipis, dan berpengaruh terhadap kap mesin yang desainnya dibuat lebih lancip. Kemudian bagian lampu disesuaikan dengan desail grill dan bumper, sedangkan di tengah letakan emblem Toyota.

    Lebih jauh Toyota menyebutkan kerja sama ini dilakukan untuk memperkuat bisnis mereka dengan menekan beberapa biaya. Selain itu mereka menggaris bawahi bahwa kerja sama ini juga tetap membuat keduanya bersaing dengan adil dan bebas.

    Perlu diingatkan lagi, bahwa kerja sama ini berlaku untuk pasar India dan Afrika. Sedangkan kecil kemungkinan kebijakan ini diterapkan di Indonesia. Mengingat di Indonesia Toyota dan Suzuki bersaing di segmen yang sama melalui Avanza dan Ertiga.

    Bahkan di awal 2019 ini saja, Toyota melakukan penyegaran terhadap Avanza. Kemudian disusul oleh penyegaran Ertiga yang dilakukan Suzuki untuk tetap bisa bersaing di segmen paling ketat di Indonesia yakni low multi purpose vehicle (LMPV).



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id