Industri Otomotif

    Daihatsu Buka-Bukaan Penjualan Selama Caturwulan Pertama Ini

    Ekawan Raharja - 14 Mei 2020 13:55 WIB
    Daihatsu Buka-Bukaan Penjualan Selama Caturwulan Pertama Ini
    Penjualan daihatsu juga terdampak virus pandemik di April 2020. Lampost.com/
    Jakarta: Kondisi pasar otomotif yang sedang terdampak pandemik virus korona membuat hampir merek otomotif berjibaku. Bahkan para pemain besar seperti Toyota dan Honda sudah membuka kondisi penjualan mereka selama pandemik, dan kini giliran Daihatsu yang membuka buku penjualannya.

    Secara total penjualan caturwulan pertama, sejak Januari–April 2020, retail sales Daihatsu yang mencapai 44.346 unit. Namun catatan khusus diberikan untuk penjualan April 2020 yang hanya mencatatkan transaksi 5.160 unit mobil saja, dan biasanya di tiga bulan pertama penjualan mereka selalu di atas 10 ribu unit.

    Kalau membandingkan dengan retail pasar selama April versi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), catatan retailnya berada di level 24.276 unit. Secara keseluruhan Jenama asal Jepang ini menyumbang 21,2 persen total penjualan di bulan April tahun 2020.

    Penjualan retail sales selama empat bulanan ke belakang, Sigra tetap mendominasi dengan raihan 12.868 unit berkontribusi sebesar 29 persen, lalu diikuti oleh Gran Max (PU) 8.805 unit (19,9 persen), dan Terios 7.131 unit (16,1 persen). Selanjutnya, Ayla menyusul dengan angka mencapai 5.332 unit (12,0 persen), Xenia 5.092 unit (11,5 persen), dan Gran Max (MB) 3.911 unit (8,8 persen). Untuk model lainnya yakni Luxio dan Sirion mencapai 1.207 unit (2,7 persen).

    Sampai saat ini, Daihatsu terus menerapkan peraturan pemerintah tentang PSBB dengan menghentikan produksi sementara di pabrik. Dalam hal pelayanan, outlet dan bengkel resmi di Jakarta dan wilayah yang menerapkan PSBB juga memberhentikan sementara operasionalnya.

    “Kami prihatin dengan kondisi pasar saat ini mengalami penurunan secara drastis akibat wabah Covid-19. Kami berharap kondisi ekonomi Indonesia ini dapat segera pulih dan pasar otomotif dapat bangkit dan berkembang kembali,” ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, melalui keterangan resminya.

    Penjualan Daihatsu jelas masih berada di bawah sang kakak, Toyota, yang berhasil menjual 75.042 unit per caturwulan pertama 2020. Sedangkan untuk performa di April saja, pemimpin pasar otomotif nasional ini membukukan penjualan retail 8.443 unit.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id