Mobil Konsep

    Yamaha Pernah Bikin Mobil Sport?

    Ekawan Raharja - 30 Juni 2020 15:02 WIB
    Yamaha Pernah Bikin Mobil Sport?
    Yamaha OX99-11 V12 sayangnya tidak pernah diproduksi massal. Carscoops
    Tokyo: Yamaha seperti yang kita tahu merupakan produsen sepeda motor, alat musik, jet ski, dan mesin tempel kapal yang sudah cukup lama eksis. Tetapi siapa sangka jika merek yang identik dengan garpu tala ini ternyata pernah membuat mobil.
     
    Yamaha OX99-11 V12 merupakan sportcar berlogo garpu tala yang sempat dipamerkan sejak 1992. Tidak tanggung-tanggung mereka pernah membuat sport car dengan mencangkok teknologi Formula One (F1). 
     
    Penggunaan teknologi F1 di OX99-11 V12 tidak terlepas dari Yamaha Ypsilon Technology yang pernah bersaing sebagai pemasok mesin F1 sejak 1989. Sehingga mobil ini kemudian bisa menggunakan mesin yang sudah teruji di ajang jet darat tersebut.
     
    Yamaha Pernah Bikin Mobil Sport?

    Alhasil, pabrikan asal Jepang ini melahirkan OX99-11 V12 dengan mesin V12 3.500 cc bertenaga 400 daya kuda dan dikawinkan dengan gearbox manual enam kecepatan. Mobil juga memiliki tata letak tempat duduk tandem tetapi, sayangnya, tidak pernah mencapai produksi.
     
    Desain mobil ini dikembangkan oleh konsultan teknik asal Inggris, IAD, untuk membuat konsepnya. Sedangkan Desainernya, Takuta Yura, membuat konsep jok tunggal di tengah seperti kokpit pesawat jet dan bobotnya dibuat hanya 1.150 kilogram.
     
    Namun sejumlah ketidaksepakatan antara Yamaha dan IAD membuat proyek ini diselesaikan sendiri oleh Ypsilon Technology. Setelahnya, kondisi keuangan yang buruk di Jepang membuat mobil tersebut tidak mungkin untuk dibangun dan dijual, sehingga akhirnya proyek dibatalkan.
     
    Setidaknya saat ini ada 3 unit OX99-11 V12 yang sudah dibuat sebagai mobil prototipe. Pada 2019, mobil ini pernah ditaksir memiliki nilai USD 1,3 juta per unitnya.
    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id