comscore

Trik Apik Red Bull Racing Dibalik Kemenangan Verstappen saat DRS Bermasalah

Ahmad Garuda - 23 Mei 2022 21:47 WIB
Trik Apik Red Bull Racing Dibalik Kemenangan Verstappen saat DRS Bermasalah
Dibalik kemenangan apik Max Verstappen dan pencapaian finish 1-2 dengan rekan setimnya, ada trik apik yang mereka mainkan. Simak ulasannya! RedBull CP
Patut diakui, kemenangan fantastis tim Red Bull Racing di F1 Spanyol pada Minggu (22/5/2022) akhir pekan lalu, memang tak terduga. Terlepas keduanya mengawali balapan dari deretan start pertama dan kedua, namun di fase awal (stint) sebelum pit stop, keduanya terlihat kesulitan mengejar rival yang ada didepannya. 

Selain karena Charles Leclerc yang menggunakan Ferrari sangat konsisten dengan performanya, George Russel yang berada di depan Sergio Perez juga sangat kuat di stint pertama. Namun masalah justru datang ketika mobil Leclerc mengalami masalah teknis yang membuat Max Verstappen gerak cepat melakukan pit stop. 
Meski berulang kali mencetak waktu tercepat dan menyusul George Russel dengan cepat, namun masalah sayap fleksibel atau drag reduction system (DRS-nya) yang bermasalah tak mau terbuka di zona aktivasi DRS, membuatnya sulit menyusul Russel. Ini menjadi bukti bahwa mobil Verstappen pun tak begitu superior dibandingkan mobil milik Mercedes GP. 

Baca Juga:
Ngebut di Sirkuit Jadi Pilihan Favorit Konsumen BMW di Joyfest 2022

“Saat balapan DRS alami gangguan hal ini membuat balapan kian berat. Kesulitan di awal tapi bagus pada akhirnya. Senang dengan kemenangan ini dan juga untuk Sergio Perez. Merupakan hasil yang baik untuk tim,” ungkap Max.

Checo Mainkan Peran Kuat di Stint Kedua
Lantaran kondisi itu berlangsung dalam beberapa lap, hingga akhirnya Max Verstappen merasa jengkel karena tak bisa menyusul Russi dengan kondisi DRS bermasalah itu tim Red Bull Racing pun lantas menelurkan strategi lain yang terbilang fantastis. Ia pun masuk pit stop menggunakan ban kompon lunak, sementara Checo yang punya performa mobil sempurna, langsung menyusul Russel dengan cepat. 

Trik ini pun membuat Checo lantas berada di urutan terdepan sementara Verstappen dengan cepat mengejar Russel yang menggunakan kompon medium hingga akhirnya melakukan pitstop sebelum duel dengan Verstappen. Trik lain Red Bull pun diberlakukan ketika sang juara dunia F1 2021 itu dua kali menggunakan ban kompon lunak yaitu di pit stop ketiga dan keempat. 
 
 

Kondisi ini membuatnya bisa menyusul Checo dengan cepat dan tak lama kemudian posisinya sudah berada di urutan terdepan. Kemudian stint terakhir yang dilakukan Checo, sengaja menggunakan ban kompon lunak agar poin tambahan untuk waktu tercepat, bisa mereka amankan. Dan itu terbukti. Selain Verstappen meraih kemenangan terbaiknya, Checo pun finish di urutan kedua dengan tambahan 1 poin lagi.

“Saya merasa mendapat dukungan penuh sepanjang persiapan balapan dan senang bisa di podium untuk kali pertama di GP Spanyol. Balapan yang seru dan ini menjadi hasil tim yang bagus," ujar Checo.

Mengaku kagum dengan kedua pembalap tim balap yang berbasis di Inggris itu, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), Sri Adinegara memberikan apresiasi besar terhadap Red Bull Racing yang berhasil dominasi lagi podium tertinggi di ajang Formula 1. 

Baca Juga:
Bus Otonom Sudah Mulai Berjalan Di Indonesia


“Tim nampak menyiapkan dengan baik mobil RB18 agar Max Verstappen dan Sergio Perez bisa meraih podium ganda lagi. Bahkan menempatkan Max di posisi tertinggi persaingan titel sementara Juara Dunia F1 2022. Sedangkan Checo meraih lap tercepat di lintasan saat balapan.”

Sri Adinegara menambahkan bahwa seri berikutnya akan berlangsung di Monaco, 29 Mei. Menurutnya tentu tak mudah meraih hasil bagus di sirkuit ini. Lantaran Monako punya karakter keunikan tersendiri. Ia juga menegaskan bahwa meski trek itu tak mudah, namunpenggunaan komponen seperti pelumas yang digunakan oleh tim Red Bull Racing membuatnya optimis. Apalagi mereka juga memboyong pelumas itu dalam rangkaian produk di pasaran pelumas Indonesia yaitu Mobil1TM dan Mobil SuperTM. 

Formula 1 tahun ini merupakan kemenangan ganda untuk kedua kalinya yang diraih Max dan Checo, sebelumnya diraih di F1 Emilia Romagna bulan April lalu. Sekaligus menempatkan Max di persaingan puncak pertama kali untuk titel Juara Dunia F1 2022 yang sebelumnya didominasi oleh Charles Leclerc. Verstappen kini miliki 110 poin, ungguli Leclerc terpaut 6 poin dan Checo terpaut 25 poin. Oracle Red Bull Racing kini juga ungguli Ferrari di persaingan konstruktor Juara Dunia F1 2022 mencapai 26 poin, kantongi 195 poin.

(UDA)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id