Industri Otomotif

    Kabar Baik Bagi Konsumen, India akan Produksi Suzuki Jimny

    Ekawan Raharja - 29 September 2020 15:00 WIB
    Kabar Baik Bagi Konsumen, India akan Produksi Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny akan diproduksi di India. Suzuki
    New Delhi: Bagi para konsumen di Tanah Air yang sudah inden Suzuki Jimny kini mendapatkan angin segar mengenai kedatangan mobil impian mereka. Mereka diperkirakan akan lebih cepat mendapatkan mobil yang dinantikannya parkir di garasi rumah.
     
    Hal ini tidak terlepas dari rencana Suzuki akan membuka keran produksi Jimny di India. Rencananya pabrikan asal Jepang ini akan melakukan produksi model tiga pintu seperti yang dipasarkan sekarang ini di pabrik Gurgaon India.
     
    Dikutip dari Timesnownews.com, untuk awalan produksi akan menggunakan proses perakitan dimana komponen yang digunakan masih dipasok dari Jepang. Sedangkan untuk penggunaan komponen lokal akan dilakukan mulai tahun 2022-2023. Rencana penggunaan komponen lokal ini sudah berjalan, dan pendekatan kepada produsen komponen di India sudah dilakukan dalam 6 bulan ke belakang ini.
     
    Selain memproduksi model tiga pintu yang sekarang ini sudah dipasarkan, pasar India juga akan memproduksi model lima pintu. Belum diketahui spesifikasi untuk model lima pintu, apakah menggunakan dimensi yang sama atau ada perubahan.
     
    Apabila pabrik Gurgaon sudah memproduksi, diperkirakan secara total produksinya bisa mencapai tiga kali lipat dari sekarang ini. Saat ini Jimny baru diproduksi di Jepang dengan kapasitas produksi 50.000-55.000 unit per tahunnya.
     
    Dipilihnya pabrik di Negeri Bollywood ini tidak terlepas dari kemampuan ekspor yang dihasilkan selama ini. Managing Director Maruti Suzuki, Kenichi Ayukawa, ingin meningkatkan pangsa ekspornya dari 7 persen menjadi 20 persen dengan kehadiran model baru ini.
     
    Di satu sisi, pemilihan basis produksi di India juga menjadi kabar getir bagi Indonesia yang juga mengajukan diri sebagai basis produksi Jimny. Padahal Indonesia juga memiliki kemampuan dalam memproduksi Jimny, dengan pabrik yang terletak di Cikarang Jawa Barat.
     
    Nah bagaimana konsumen di Indonesia, sudah tidak sabar menantikan mobil impian Anda segera terparkir di rumah?

    (ERA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id