Perawatan Ekstra Karpet Mobil di Musim Hujan

    M. Bagus Rachmanto - 01 Desember 2019 14:05 WIB
    Perawatan Ekstra Karpet Mobil di Musim Hujan
    Kebersihan karpet mobil dukung kenyamanan berkedara. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Kebersihan mobil perlu dijaga, baik eksterior maupun interior. Jangan ketinggalan apalagi sampai dilewatkan untuk membersihkan karpet mobil, terlebih saat musim hujan.
     
    Kebersihan karpet tentu berpengaruh terhadap kenyamanan saat mengemudi. Selain itu kebersihan karpet juga berpengaruh terhadap kesehatan di dalam kabin. Berikut cara mudah untuk membersihkan karpet mobil seperti dikutip dari laman resmi Suzuki.
     
    Pertama keluarkan karpet dari mobil. Ingat, jangan membersihkan karpet sementara karpet tersebut masih di dalam mobil karena kotorannya bisa menyebar ke tempat lain di dalam mobil dan akhirnya akan sulit dibersihkan

    Keluarkan semua karpet yang ada di dalam mobil, baik itu karpet yang ada di kabin bagian depan maupun di bagian belakang ke luar mobil. Letakkan di tempat terbuka yang lapang.
     
    Langkah selanjutnya, basahi karpet mobil lebih dahulu dengan air bersih secara merata. Usahakan membasahinya dengan air yang banyak sehingga kotoran dan noda yang mungkin sudah menempel dengan keras nantinya akan lebih mudah dibersihkan.
     
    Dilanjutkan dengan mengolesi karpet dengan sabun atau shampo mobil secukupnya, khususnya di bagian karpet yang terdapat kotoran atau noda. Semakin tebal noda yang menempel di karpet, maka sebaiknya semakin banyak pula sabun yang olesi di tempat noda tersebut.

    Sikat karpet mobil dengan memakai sikat yang bentuk kuasnya lebar untuk bagian noda yang mudah dibersihkan, serta gunakan sikat yang kuasnya tebal dan kuat untuk membersihkan kotoran dan noda yang membandel.
     
    Jika noda pada karpet sudah disikat, siram dengan air bersih secara merata pada seluruh bagian, sisi atas maupun bawah. Pastikan sabun atau sampo dan noda-noda pada karpet tersebut hilang bersama siraman air tersebut.
     
    Setelahnya, langsung jemur karpet dan pastikan karpet tidak terkena sinar matahari langsung supaya warna dasar karpet tidak berubah. Jemurlah di tempat yang berangin agar cepat kering.
     
    Terakhir, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dasar kabin dengan vacum cleaner untuk menghilangkan kotoran dan noda di tempat yang sulit dijangkau.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id