Mobil Listrik

    Segera, Indonesia Punya Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Terbesar Di Dunia

    Ekawan Raharja - 31 Mei 2021 16:00 WIB
    Segera, Indonesia Punya Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Terbesar Di Dunia
    Cell baterai untuk mobil listrik. LG Chem



    Jakarta: Rencana Indonesia sebagai salah satu pusat industri kendaraan listrik dunia perlahan mulai tampak. Bahkan dalam waktu dekat ini, Indonesia baka memiliki pabrik baterai kendaraan listrik terbesar di dunia

    Hal ini ditandai dengan rencana pemasangan tiang pancang (groundbreaking) pabrik milik PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) dan Konsorsium LG asal Korea Selatan (Korsel) di Kota Deltamas, Karawang, Jawa Barat segera dalam waktu dekat ini. Tahap ini merupakan tindak lanjut penandatanganan Head of Agreements (HoA) atau Kesepakatan Pokok proyek investasi baterai terintegrasi antara PT Industri Baterai Indonesia dengan Konsorsium LG pada bulan lalu (29/4) di kantor Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta.

     



    Pembangunan tahap pertama ini memiliki kapasitas produksi baterai mencapai 10 gigawatt hour (GWh), yang nantinya akan dipakai untuk kendaraan listrik dari Hyundai. Selain itu, pabrik ini akan terintegrasi dengan fasilitas penambangan, peleburan (smelter), pemurnian (refining), serta industri precursor dan katoda, fasilitas produksi baterai listrik ini akan menjadi yang pertama di Asia dan bahkan di dunia.

    Investasi strategis di industri sel baterai kendaraan listrik ini merupakan yang pertama dilakukan dalam sepanjang sejarah Republik Indonesia. Nilai investasi diperkirakan mencapai US$9,8 miliar (sekitar Rp140 triliun).

    Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyambut gembira atas kemajuan investasi LG tersebut, mengingat upaya strategis untuk membangun hilirisasi industri pertambangan logam merupakan proses yang panjang dan tidak mudah, melibatkan berbagai stakeholder di dalam maupun luar negeri.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id