comscore

Black Box Diharapkan Bisa Merekam Lebih Banyak Data Kecelakaan Mobil

Ekawan Raharja - 24 Juni 2022 17:00 WIB
Black Box Diharapkan Bisa Merekam Lebih Banyak Data Kecelakaan Mobil
Ilustrasi black box. Bosch
Washington: Kejadian kecelakaan yang dialami satu mobil bisa terekam di event data recorders (EDR) atau lebih kenal dengan black box. Oleh sebab itu, pihak keselamatan di jalan raya di Amerika Serikat meminta black box ini bisa dimaksimalkan dengan merekam lebih banyak data kecelakaan.
 
The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) minta black box merekam data 20 detik sebelum kecelakaan. Selain itu, data dibuat dalam frekuensi tinggi, sehingga akan mempermudah penyelidikan terhadap sebuah kecelakaan.
 
Saat ini, data yang terekam baru sekitar 5 detik sebelum kecelakaan. Selain itu data rekaman masih direkam dalam frekuensi rendah.
 
NHTSA mengatakan data tadi memberikan gambaran komprehensif dari tindakan pengemudi sebelum kecelakaan dan bisa membantu meningkatkan desain kendaraan masa depan dan peraturan keselamatan yang lebih efektif.
 
Pada 2006, NHTSA mewajibkan pembuat mobil memasang kotak hitam untuk mengumpulkan data tertentu, termasuk kecepatan kendaraan, hingga kekuatan tabrakan pada saat terjadi benturan. Selain itu, kotak hitam juga diwajibkan dapat merekam apakah sistem airbag mengembang saat terjadi kecelakaan serta sabuk pengaman yang terpasang atau tidak.
 
NHTSA memperkirakan 99,5 persen kendaraan baru sudah terpasang kotak hitam. Aturan baru akan berlaku paling lambat September 2023. Namun demikian, saat ini sudah ada pembuat mobil yang secara sukarela memasangkan kotak hitam pada setiap produk baru mereka.


(ERA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id