comscore

Ini 4 Mitos Mobil Listrik yang Sudah Terpatahkan

Adri Prima - 30 Desember 2021 06:10 WIB
Ini 4 Mitos Mobil Listrik yang Sudah Terpatahkan
Nissan Leaf, salah satu mobil listrik yang sudah resmi dijual. MI/Ramdani
Jakarta: Meningkatnya jumlah produsen mobil yang mengumumkan rencana untuk beralih ke kendaraan listrik menjadi bukti kalau kendaraan nol emisi tersebut pelan tapi pasti akan menjadi kendaraan masa depan. 

Awalnya mobil listrik dianggap sebagai pasar untuk kalangan atas saja yang terobsesi dengan pemeliharaan lingkungan. Namun kini, mobil listrik menjadi pertimbangan banyak orang dari berbagai kalangan.

 



Perlahan, berbagai mitos mobil listrik pun mulai dipatahkan oleh fakta-fakta yang mulai mendapatkan perhatian. Dilansir dari situs resmi Nissan, berikut ini 4 mitos terkait mobil listrik yang sudah terpatahkan oleh fakta.

1. Mobil listrik punya jarak tempuh pendek


Jarak tempuh mobil listrik tergantung pada kapasitas baterai. Sebagian besar mobil listrik yang sudah mendapatkan pengisian penuh menargetkan jangkauan hingga 500 km bahkan ada yang mencapai 1.000 km. Jika dalam kondisi tertentu seperti baterai mobil yang tidak terisi penuh, Anda dapat mengurangi sekitar 10 persen hingga 15 persen dari klaim tersebut sehingga setidaknya mobil listrik memiliki jangkauan sekurang-kurang 400 kilometer dalam sekali pengisian penuh. Cukup jauh bukan?

2. Laju mobil listrik pelan


Laju sebuah mobil dipengaruhi oleh torsi yang dihasilkan. Pengertian torsi sendiri adalah suatu gerakan berupa dorongan yang terjadi antara piston dan poros engkol. Pada contoh mobil listrik yang sudah beredar di pasaran saat ini, sudah tidak ada lagi sistem mekanikal dari sebuah mesin konvensional. Artinya tidak ada lagi tenaga yang terbuang percuma mulai dari mesin sampai ke roda mobil. 

Halaman Selanjutnya
Oleh karena itu, tenaga dan…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id