comscore

Toyota Berhasil Jungkalkan GM Di Amerika Serikat

Ekawan Raharja - 08 Januari 2022 12:00 WIB
Toyota Berhasil Jungkalkan GM Di Amerika Serikat
Logo Toyota. AFP
Washington DC: General Motors (GM) harus merasakan terjungkal dari posisinya sebagai pemimpin pasar otomotif di Amerika Serikat. Merek satu ini tidak bisa meraih posisinya sebagai pemimpin pasar otomotif Amerika Serikat di tahun 2021, dan kalah dari pabrikan asal Jepang.
 
Menurut laporan yang sudah dirilis, Toyota berhasil menjadi merek paling laris di Amerika Serikat dengan penjualan mencapai 2,3 juta unit di sepanjang tahun 2021. Sedangkan GM berada di posisi kedua dengan penjualan 2,2 juta unit, atau selisih 100 ribu unit dengan pemuncak pasar.
 
Kehadiran Toyota jelas meruntuhkan dominasi GM selama ini dan statusnya sebagai pabrikan lokal. Tuan rumah sebelumnya selalu menempati posisi teratas untuk urusan penjualan selama 90 tahun terakhir.
 
Ada sejumlah catatan yang membuat GM gagal mempertahankan rekor selama 90 tahun ke belakang tersebut. Salah satunya krisis rantai pasokan, kekurangan chip semikonduktor, dan penghentian sementara aktivitas produksi selama pandemi.
 
Penurunan performa GM kemudian dimanfaatkan juga dengan sejumlah pabrikan non Amerika Serikat lainnya. Mazda berhasil mencapai kenaikan sebesar 20 persen 2021. Pabrikan asal Jerman, Porsche, juga berhasil mengalami peningkatan 22 persen meskipun juga mengalami sejumlah kendala.
 
Mitsubishi mengalami peningkatan penjualan dengan kuartal keempat naik lebih dari 68 persen dibandingkan periode yang sama di 2020. Penjualan pabrikan berlogo tiga berlian ini, periode Januari hingga Desember 2021, meningkat hampir 17 persen dan keempat kalinya merek ini mencapai 100 ribu penjualan sejak 2007.

(ERA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id