Pameran Otomotif

    Pameran Otomotif Kini jadi Wadah Ampuh Edukasi Berlalu Lintas

    Ekawan Raharja - 26 Februari 2020 09:48 WIB
    Pameran Otomotif Kini jadi Wadah Ampuh Edukasi Berlalu Lintas
    GIICOMVEC menghadirkan aneka kendaraan komersial. Seven Events
    Jakarta: Kerap terjadi kecelakaan lalu lintas, termasuk para pengendara kendaraan komersial, yang membuat kerugian materil dan sering menghadirkan korban jiwa. Edukasi terhadap peran pengendara, termasuk sopir kendaraan komersial, harus digalakkan demi menghadirkan lalu lintas yang tertib dan aman untuk seluruh pengguna jalan.

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) sebagai asosiasi kendaraan bermotor berkomitmen untuk menghadirkan edukasi bagi seluruh stakeholder lalu lintas tentang keselamatan di jalan. Topik keselamatan menjadi fokus yang diserukan Gaikindo lewat penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Commercial Expo (GIICOMVEC) 2020 yang akan berlangsung pada 5-8 Maret 2020.

    “Kami ingin tekankan lagi dalam pameran ini tentang keselamatan berkendara, kami ingin mendeklarasikan bahwasanya Indonesian land transportation towards zero fatality ataupun kami ingin jangan ada lagi kecelakaan yang membuat korban jiwa,” ungkap Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, melalui keterangan resminya. 

    Topik ini diambil berdasarkan data dari WHO tahun 2019, Indonesia menempati urutan ketiga di dunia dalam hal korban meninggal terbanyak akibat kecelakaan lalu lintas. Dan dari seluruh jenis kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan, dari jenis kendaraan komersial, tercatat bus dan truk yang lebih banyak terlibat dalam kecelakaan. Di tahun 2018 tercatat lebih dari 3.000 kecelakaan yang melibatkan truk.

    Pameran Otomotif Kini jadi Wadah Ampuh Edukasi Berlalu Lintas

    Gaikindo juga melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dalam mewujudkan mendorong kesadaran berkendara yang aman. Diharapkan kehadiran Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dapat memberikan penjelasan lebih detail tentang rencana pemerintah dalam mengusung terciptanya alat angkutan darat yang aman dan nyaman.

    Yohannes juga menghimbau seluruh peserta GIICOMVEC 2020 untuk menampilkan produk yang sesuai dengan ketentuan yang ditentukan Kementerian Perhubungan RI, mulai dari kesesuaian tipe kendaraan dengan peruntukannya, ketersediaan alat keselamatan wajib akan ditampilkan untuk para pebisnis yang hadir. Dengan demikian, diharapkan para pebisnis juga akan mendapatkan sosialisasi tepat tentang pentingnya menggunakan produk yang sesuai dengan standarisasi keselamatan kendaraan komersial. Menurut Yohannes, kepedulian dan kepatuhan akan hal tersebut akan dapat mengurangi angka tingkat kecelakaan kendaraan komersial di Indonesia.

    Berbagai program yang dilaksanakan di pameran khusus kendaraan komersial akan fokus terhadap isu safety, dan akan menjadi wadah tepat bagi para pebisnis untuk mendapatkan wawasan terkini tentang industri kendaraan komersial Indonesia. Mulai dari Truck and Bus Demonstration di Demo Area, safety driving course, hingga program acara untuk para pebisnis yang dijalankan bersama dengan beberapa asosiasi terkait industri kendaraan komersial yang akan mengangkat mengenai isu update di industri kendaraan komersial Indonesia. Pameran milik Gaikindo ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO) dan Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) yang akan turut berpartisipasi di dalam pelaksanaan pameran.

    Penyelenggaraan berbagai program pendukung di GIICOMVEC 2020 akan berlangsung sepanjang pameran mengambil tempat di area class room dan juga area panggung utama. Pada 5 Maret 2020, akan berlangsung seminar yang didukung oleh Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) dan Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI). Untuk program pada tanggal 6 Maret akan dilaksanakan pembicaraan tentang isu Fakta di Balik Kasus Rem Blong. Sedangkan pada 7 dan 8 Maret 2020 akan berlangsung program Safety Driving Truck.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id