Mobil Baru

    DFSK Super Cab Bertransformasi Menjadi Mobil Ambulans

    Ekawan Raharja - 03 Juli 2020 07:57 WIB
    DFSK Super Cab Bertransformasi Menjadi Mobil Ambulans
    DFSK memasarkan mobil ambulans dengan mengambil basis dari Super Cab. DFSK
    Jakarta: DFSK sebagai produsen mobil melakukan sejumlah inovasi untuk bisa tetap menghadirkan mobil-mobil yang dibutuhkan oleh konsumen di Indonesia. Salah satu bentuk inovasi yang mereka tawarkan adalah menghadirkan ambulans yang berbasis dari Super Cab.

    Seperti yang diketahui, Super Cab merupakan mobil pikap yang biasa digunakan untuk kebutuhan komersial ringan. Tetapi Jenama asal Tiongkok melihat ada potensi penjualan yang cukup baik untuk segmen ambulans, terlebih di tengah pandemik Covid-19 yang membutuhkan mobil ambulans untuk keperluan medis.

    “Kami melihat ada kebutuhan konsumen di segmen kendaraan ambulans untuk menunjang kegiatan medis di Indonesia yang semakin membesar belakangan ini. Kami mencoba melayani konsumen dengan hadirkan ambulans dengan rancang bangun yang sudah teruji dari Super Cab dan fasilitas kesehatan yang sesuai dengan standar fasilitas ambulans,” ujar Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, Kamis (2/7/2020).

    DFSK Super Cab Bertransformasi Menjadi Mobil Ambulans

    Secara keseluruhan ambulans ini menggunakan basis Super Cab 1.3T Diesel atau 1.5L Gasoline. Konsumen dapat memilih untuk penggunaan mesin diesel 1.300 cc Turbocharged dengan tenaga 75 PS dan torsi 190 Nm yang handal untuk jalanan berbukit, atau mesin bensin 1.500 cc bertenaga 102 PS dan torsi 140 Nm yang sangat cocok untuk kontur jalanan urban serta perkotaan. Selain itu mobil ini didukung dengan sasis Nine-Horizontal dan Two-Longitudinal beams yang memang kuat untuk angkut beban.

    Sedangkan untuk karoserinya, DFSK bekerja sama dengan Ambualce Pintar Indonesia (API) yang memiliki spesialisasi dalam pembuatan karoseri ambulans. Karoseri ini membuat rancang bangun karoseri beserta perlengkapan yang ada di dalam ambulans sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

    Sisi eksterior Super Cab Ambulans dilengkapi dengan LED light bar oval dan didukung sirene multi suara lengkap dengan mic, lampu sorot belakang model spot light, stiker bertuliskan ambulance, plat stainless steel pelindung bumper belakang, sampai dengan kaca film 60-80% untuk memberikan privasi pasien yang ada di dalam.

    DFSK Super Cab Bertransformasi Menjadi Mobil Ambulans

    Kemudian untuk didalamnya sudah lengkap dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh tenaga medis dalam melaksanakan tugasnya memberikan pertolongan pertama kepada pasien yang membutuhkan. Mobil medis ini dilengkapi dengan ranjang pasien yang juga dilengkapi dengan rel untuk mempermudah mengeluarkan/memasukan ranjang pasien ke mobil, lampu periksa, tempat duduk perawat dengan box peralatan, gantungan infus model geser, oksigen BSS system, hingga sekat pemisah antara kabin pengemudi dengan kabin pasien. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pasien Covid-19, mobil ini dilengkapi dengan stretcher isolator yang aman bagi pasien dan tenaga medis yang bertugas.

    Tidak sampai di situ saja, mereka juga sudah mempersiapkan garansi untuk menjaga kualitas kendaraan agar tetap bisa beroperasi prima. Setiap pembelian Super Cab Ambulans akan mendapatkan garansi peralatan yang ada di dalamnya selama satu tahun, dan garansi kendaraannya selama 3 tahun / 120.000 kilometer (tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu).

    Sayangnya DFSK belum bisa menyebutkan harga pasti untuk Super Cab Ambulans karena setiap pesanan ambulans memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, khususnya terkait perlengkapan di dalamnya. Sehingga untuk harga setiap ambulans berbeda-beda terganggung pemesanan.

    Tentu mereka tak sendirian jadi pemain di sektor mobil untuk penanganan medis ini. Sebelumnya, Suzuki sudah lebih dulu membuat prototipe ambulans yang berbasis dari mobil pick-up yaitu Carry Pick-up. Mobil tersebut sudah dipajang di momen Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) yang berlangsung pada awal Maret 2020 lalu.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id