Transportasi Umum

    Healthcare Bus Untuk Kenormalan Baru, Indonesia Bisa Contoh

    Ekawan Raharja - 02 Juni 2020 12:16 WIB
    Healthcare Bus Untuk Kenormalan Baru, Indonesia Bisa Contoh
    Healthcare Bus yang bisa mendeteksi virus korona. Sunwin Bus
    Shanghai: Demi menghadapi era kenormalan baru usai pandemik Covid-19, maka diperlukan sejumlah penyesuaian. Banyak hal yang perlu disesuaikan, mulai dari kebiasaan-kebiasaan keseharian sampai dengan alat transportasi publik.
     
    Inovasi Tiongkok dalam membuat bus yang sesuai dengan kondisi kenormalan baru mungkin bisa dicontoh oleh Indonesia. Diketahui Shanghai Sunwin Bus Corp (Sunwin Bus) baru saja meluncurkan Healthcare Bus yang bisa mendeteksi gejala virus korona.
     
    Diketahui perusahaan transportasi asal Tiongkok itu hadirkan transportasi yang sudah disesuaikan dengan kondisi usai pandemik Covid-19. Diharapkan bus ini bisa melayani masyarakat yang sudah mulai beraktivitas kembali tanpa harus takut terinfeksi Covid-19.
     
    "Dengan sebagian besar masyarakat China kembali bekerja. Kami telah meluncurkan solusi Healthcare Bus untuk memastikan keselamatan penumpang dengan cara yang tidak invasif," kata Kepala Insinyur Sunwin Bus, WeiFeng Kan.

    Bus yang dipakai SUNWIN memiliki alat pengenal wajah, pemindai suhu tubuh, pencahayaan UV dan sistem deteksi gas. Selain itu, di dalam saluran udara terdapat pencahayaan UV untuk mensterilkan dan membunuh virus secara efektif.

    Healthcare Bus Untuk Kenormalan Baru, Indonesia Bisa Contoh
     
    Pencahayaan UV yang mencapai 20 mJ terbukti bisa membunuh 99 persen mikroorganisme, bakteri, dan virus berukuran lebih kecil dari 253,7nm. Teknologi ini dikombinasikan dengan pembaruan sistem penyaringan udara di mana interior bus akan disterilkan dalam 20 menit.
     
    Seluruh pengecekan ini akan dilakukan melalui sebuah kamera yang terpasang di dekat alat tab tiket. Sehingga proses pengecekan tersebut dilakukan secara otomatis dan sama sekali tidak melakukan kontak dengan penumpang, tidak menimbulkan antrian panjang saat penumpang padat, dan tidak memperlambat jadwal atau waktu operasional bus.
     
    "Melalui penggunaan pencahayaan UV secara teratur dan penyaringan udara yang ditingkatkan, Sunwin Healthcare Bus memastikan tidak ada penumpang yang terinfeksi. Risiko infeksi pada penumpang lain berkurang secara signifikan," ujar WeiFeng.
     
    Selain pencahayaan UV, bus ini juga terdapat sistem deteksi otomatis terhadap barang yang mudah terbakar. Sistem ini secara otomatis memberi tahu pengemudi dan kepolisian setempat jika ada benda yang mudah terbakar di dalam bus.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id