Teknologi Otomotif

    Fitur Ini Cegah Anak Ketinggalan di Dalam Mobil

    Ekawan Raharja - 23 Maret 2020 08:37 WIB
    Fitur Ini Cegah Anak Ketinggalan di Dalam Mobil
    ROA akan memperingatkan penumpang untuk memeriksa penumpang di belakang sebelum turun dari mobil. Hyundai
    Seoul: Hyundai terus mengembangkan sejumlah fitur keamanan demi meningkatkan keselamatan penumpangnya. Kali ini mereka mengembangkan fitur baru untuk mendeteksi penumpang di belakang, khususnya penumpang anak-anak.
     
    Sistem peringatan penumpang belakang (rear occupant alert/ROA), terkhusus mendeteksi sekaligus pengingat untuk anak yang ada di kursi belakang. Fitur berbasis radar ini akan memberi tahu pengemudi memeriksa kursi belakang kendaraan jika ada anak yang terdeteksi.
     
    ROA dirancang untuk mencegah kematian anak akibat suhu panas dalam kabin kendaraan. Mengingat ada saja kejadian anak-anak tertinggal di dalam kabin, sehingga sampai menyebabkan kematian.
     
    Hal ini mengacu kepada kecelakaan heat stroke mobil di Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir, karena anak-anak dibiarkan dalam kendaraan pada musim panas. Pada 2018, seorang gadis berusia 4 tahun tewas karena serangan panas di dekat Kota Seoul.
     
    Hyundai mengatakan pihaknya mengembangkan sistem ROA untuk memenuhi aturan pembuat mobil mengadopsi fitur peringatan keselamatan dalam kabin kendaraan di Eropa mulai 2022. Mengingat untuk mencegah kasus kematian anak karena tertinggal di dalam mobil.
     
    "Sistem ROA berbasis radar lebih akurat dalam merasakan anak-anak di kursi belakang daripada sistem peringatan ultrasonik. Sistem berbasis radar saat ini belum diterapkan pada kendaraan," dikutip dari pernyataan resmi perusahaan dilansir dari Paultan.
     
    Hayo, siapa yang masih suka meninggalkan anak di dalam mobil?



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id