Trik Mudah Merawat Starter Mobil Biar Lebih Awet

    M. Bagus Rachmanto - 28 Oktober 2019 12:15 WIB
    Trik Mudah Merawat Starter Mobil Biar Lebih Awet
    Starter mobil akan menjadi masalah jika dinamo sudah mulai lemah, dan membuat mobil susah hidup ketika dibutuhkan. Daihatsu
    Jakarta: Dinamo starter merupakan salah satu komponen yang keberadaannya sangat penting. Tentunya adalah hal yang sangat menyulitkan jika tiba-tiba starter mobil mengalami kerusakan atau tidak berfungsi, akibatnya mesin mobil tidak bisa dihidupkan

    Cara kerja starter pada dasarnya dengan menggunakan listrik yang bersumber dari aki mobil. Berbeda dengan motor yang biasanya dilengkapi dengan kick starter. Untuk mobil transmisi manual salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan mendorong mobil tersebut. 

    Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sebelum permasalahan tersebut menimpa mobil Anda, ada baiknya kita mengenal apa saja yang bisa menyebaban dinamo starter mobil rusak, serperti dilansir websit Daihatsu.

    1. Memaksa Dinamo Bekerja
    Salah satu penyebab starter dinamo rusak adalah terlalu memaksa kerja dinamo saat  mesin tidak mau menyala. Memaksakan kerja dinamo terus menerus saat mesin tidak mau bekerja akan membuat starter dinamo rusak, karena kerja dinamo akan membuat dinamo menjadi panas. 

    Kondisi dinamo yang panas berpotensi membakar komponen-komponen lain pada mesinnya. jika ingin mencoba berulangkali, beri waktu beberapa saat dan jangan dipaksakan, tunggu sampai dingin, keudian coba kembali.

    2. Bagian Carbon Brush Dinamo Starter Mulai Habis 
    Hal lain yang bikin dinamo starter tidak berfungsi adalah karena habisnya carbon brush. Gejala pada kerusakan ini adalah putaran dinamo yang melemah dan muncul suara-suara aneh saat distarter. 

    3. Aki Bermasalah
    Penyebab lain dinamo starter tidak berfungsi adalah aki mobil yang sudah rusak. Aki mobil yang sudah lemah bisa menyebabkan starter pada dinamo mobil tidak berfungsi, hal tersebut disebabkan oleh lemahnya suplai listrik dari aki ke bagian dinamo mobil.

    Jangan memaksakan menyalakan mobil dengan kondisi aki yang rusak atau lemah. Karena dikhawatirkan malaj akan memicu kerusakan pada dinamo starter. Cek aki mobil secara rutin dan berkala untuk mengantisipasi kerusakan pada bagian dinamo starter.

    Kalau sudah tahu seperti itu, jadi mulai di cek kondisi dinamo starter mobil kesayangan. Apakah kondisi sudah baik, atau sudah waktunya di servis.
     




    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id