Industri Otomotif

    Pemerintah Coba Pancing Tesla Masuk ke Indonesia

    Ekawan Raharja - 16 November 2020 10:00 WIB
    Pemerintah Coba Pancing Tesla Masuk ke Indonesia
    Tesla Model 3. Tesla
    Jakarta: Belakangan ini cukup santer terdengar Tesla untuk membangun pabriknya di Indonesia. Pemerintah pun tidak tinggal diam untuk berusaha menggaet pabrikan mobil listrik ini, dan kini mereka sedang mempersiapkan pancingan untuk membawa masuk investasi dari Tesla.

    Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier, mencoba menarik Tesla agar membangun pabriknya di Indonesia dengan cara membangun pabrik baterai kendaraan bermotor terlebih dahulu. Apabila pabrik baterai ini rampung 100 persen beroperasi, diharapkan bisa meningkatkan persaingan dalam produksi kendaraan bermotor.

    "Kami coba bangun pabrik baterai di Indonesia supaya nanti muncul OEM (pabrik) mobil listrik di Indonesia. Yang sekarang ini sudah ada investasi, Hyundai, dan nanti berikutnya kami berharap Tesla masuk di Batang, katanya berminat," kata Taufiek melalui webinar beberapa waktu lalu.

    Strategi ini bisa jadi meniru apa yang dilakukan oleh Tiongkok dalam menggaet produsen otomotif untuk memberikan investasi kendaraan listrik. Negeri tirai bambu tersebut diketahui membangun pabrik baterai kendaraan listrik terbaru, dan kemudian produsen kendaraan listrik mendekatkan investasi produksi mereka dengan sumber produksi baterai.

    Rencana pabrikan asal Amerika Serikat tersebut berminat membangun pabrik di Indonesia terkuak melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Plt Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Ayodhia GL Kalake, menyebutkan bahwa Tesla juga sudah memulai komunikasi dengan Indonesia mengenai investasi.
     
    "Khusus untuk Tesla, pihak Tesla secara informal sudah menghubungi pak Menko Luhut, tetapi ini masih penjajakan awal dan belum terlalu detail. Kita perlu diskusi lebih lanjut bersama pihak Tesla,” ucap Ayodhia melalui situs resmi Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

    (ERA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id