Lotus Gandeng Tim Williams Kembangkan Hypercar Listrik

    Ekawan Raharja - 01 Februari 2019 14:16 WIB
    Lotus Gandeng Tim Williams Kembangkan <i>Hypercar</i> Listrik
    Lotus ajak Williams F1 kembangkan hypercar. Lotus
    Inggris: Lotus mengumumkan menggandeng kerja samanya dengan tim Williams F1 untuk mengembangkan mobil listrik. Bahkan mobil listrik yang dikembangkan bukanlah mobil listrik biasa, melainkan sebuah hypercar dengan kode proyek Omega.

    Pabrikan asal Inggris ini diketahui meminta divisi Williams Advanced Engineering untuk mengembangkan teknologi hypercar listrik tersebut. Sayangnya keduanya tidak membeberkan bagaimana detail kerjasama pengembangan yang dilakukan.
    Tetapi bisa dipastikan bahwa pengembangan yang dilakukan masih dikisaran tenaga penggerak. Mengingat keduanya sempat ikut balap di Formula 1 (F1), dan Williams F1 pun masih aktif balapan hingga saat ini.

    “Kemitraan teknologi kami bersama Williams Advanced Engineering adalah bagian dari sebuah strategi untuk memperluas pengetahuan dan kemampuan kami di dalam dunia otomotif yang berubah dengan cepat. Menerapkan powertrain propulsi canggih bisa memberikan banyak solusi menarik di berbagai sektor kendaraan,” kata CEO Lotus Cars, Phil Popham, dikutip dari Motoring.

    Lotus Gandeng Tim Williams Kembangkan <i>Hypercar</i> Listrik

    Motoring menyebutkan nantinya Omega akan dipasarkan dengan harga sekitar EUR2 juta. Kemungkinan besar mobil ini sudah bisa dipasarkan dalam waktu dua tahun mendatang.

    Bisa jadi kehadiran Omega ini akan menjadi rival Tesla Roadster 2 yang akan hadir 2020. Mengingat Roadster 2 juga memiliki performa di atas rata-rata hypercar yang ada saat ini.

    Mobil listrik ini memiliki akselerasi 0-100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 1,9 detik. dan mencapai 160 kpj cuma memerlukan 4,2 detik. Sedangkan kecepatan puncaknya diklaim bisa menembus 402 kpj.
     
    Sebagai perbandingan, Dodge Challenger SRT Demon sebagai mobil jalanan yang paling kuat saja tidak bisa mengalahkan akselerasi Roadster. Mobil bergaya American muscle ini membutuhkan 2,3 detik untuk berakselerasi menuju 100 kpj. Padahal Dodge Challenger SRT Demon sudah dibekali dengan mesin 200 cc supercharged HEMI V8 yang bisa hasilkan tenaga tak kurang dari 840 daya kuda.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id