Teknologi Hybrid Toyota Bisa Andalkan 100 Persen Motor Listrik

    Ekawan Raharja - 10 Oktober 2019 10:15 WIB
    Teknologi Hybrid Toyota Bisa Andalkan 100 Persen Motor Listrik
    HSD membuat mobil hybrid Toyota bisa menggunakan 100 tenaga listrik ketika berkendara. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Banyuwangi: Toyota sudah mengembangkan teknologi hybrid sejak 1997 membuatnya menjadi salah satu produsen otomotif dengan model mobil hybrid yang lengkap. Teknologi hybrid yang dimiliki merek asal Jepang tersebut ternyata memiliki perbedaan dengan hybrid umumnya, dan mereka beri nama Hybrid Synergy Drive (HSD).
     
    "Berbagai kemajuan yang dicapai dalam pengembangan teknologi hybrid bersamaan dengan penerapan konsep rancangan Toyota New Global Architecture, menjadikan Toyota tidak hanya berhasil melahirkan kendaraan yang nyaman tapi juga semakin efisien dan ramah lingkungan. Hingga saat ini, Toyota dan Lexus telah memiliki lebih dari 40 model HEV di seluruh dunia dengan penjualan mencapai lebih dari 14 juta unit,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, melalui keterangan resminya.
     
    Dibanding teknologi hybrid yang dikembangkan dan diterapkan pabrikan lainnya, HSD bisa membuat sebuah mobil hybrid menjadi mobil hybrid penuh, artinya bisa berjalan hanya menggunakan motor listrik saja. Karena itu setiap lini mobil hybrid Toyota memiliki mode berkendara EV (electric vehicle), selain ECO, Normal dan Sport Mode. Dengan menggunakan EV mode, mobil tetap berjalan dengan menggunakan baterai sebagai tenaga penggeraknya.
     
    Teknologi Hybrid Toyota Bisa Andalkan 100 Persen Motor Listrik

    Hal ini berbeda dengan rata-rata hybrid di merek mobil lainnya yang harus mengkombinasikan mesin pembakaran dalam (mesin konvensional) dengan motor listrik agar mobil bisa berjalan. Sedangkan untuk mobil-mobil yang bisa menggunakan 100 persen mesin konvensional, 100 persen motor listrik, atau mengkombinasikan keduanya baru bisa dilakukan di mobil-mobil berteknologi plug-in hybrid seperti BMW i8 atau Mitsubishi Outlander PHEV.
     
    Sistem HSD sama seperti mobil hybrid umumnya yang terdiri dari enam komponen utama yaitu, mesin bensin (gasoline engine), motor listrik, generator listrik, unit kontrol daya, dan perangkat pemisah daya (power split device) yang menggunakan tipe gearbox khusus untuk mendistribusikan daya dengan lancar dari mesin, motor, dan generator.
     
    Pada sistem ini, mesin bensin berfungsi menghasilkan energi kinetik yang digunakan untuk menggerakkan roda dan generator listrik. Power Split Device akan mendistribusikan tenaga dari mesin yang sesuai untuk menggerakkan kendaraan serta generator listrik. Sedangkan generator listrik yang digerakkan oleh mesin, selain menghasilkan listrik bertegangan tinggi untuk mengoperasikan motor listrik dan mengisi baterai hybrid, juga berfungsi sebagai starter untuk menghidupkan mesin.
     
    Teknologi Hybrid Toyota Bisa Andalkan 100 Persen Motor Listrik

    Motor listrik yang digerakkan oleh tenaga listrik dari generator listrik dan baterai hybrid, menghasilkan tenaga untuk menggerakan roda. Selama pengereman atau ketika pedal gas tidak tertekan akan menghasilkan listrik bertegangan tinggi untuk mengisi ulang baterai hybrid. Sehingga untuk pengisian baterainya masih memanfaatkan daya yang dihasilkan oleh pengereman atau familiar disebut regeneratif brake, bukan melalui proses dengan alat pencatu daya.
     
    Baterai hybrid juga berfungsi memberikan pasokan daya listrik ke generator dan motor listrik sesuai dengan kondisi mengemudi kendaraan. Sebaliknya, baterai hybrid juga akan diisi ulang oleh generator dan motor listrik sesuai dengan State of Charge (SOC) dan kondisi mengemudi kendaraan.
     
    “Sebagai sistem yang lengkap, HSD adalah teknologi pintar yang hemat bahan bakar dan melakukan peralihan daya antara tenaga listrik dan mesin konvensional secara mulus dan otomatis. Selain mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi berkendara, HSD akan mengontrol tenaga yang berasal dari kedua sumber dan memberitahu mobil untuk mewujudkan terciptanya efisiensi dan kinerja yang mumpuni secara bersamaan,” kata Anton.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id