comscore

BMW & Ford Bakal Gunakan Baterai Solid-State, Apa itu?

Ekawan Raharja - 14 Juni 2022 09:00 WIB
BMW & Ford Bakal Gunakan Baterai Solid-State, Apa itu?
Modul baterai kendaraan listrik Ford. Ford
Jakarta: Sejumlah merek otomotif berlomba-lomba menghadirkan teknologi kendaraan listrik yang semakin canggih, terjangkau, dengan nilai ekonomis terjangkau. Bahkan produsen baterai pun berlomba-lomba menghadirkan baterai yang efektif dan efisien bagi mobil listrik masa depan, termasuk penggunaan baterai solid-state.

Menurut Motortrend, baterai solid-state ini lebih ringan, jarak tempuh kendaraan bisa lebih jauh, pengisian daya cepat, tidak memiliki cairan yang bisa terbakar, dan berbagai keunggulan lainnya. Perusahaan baterai, QuantumScape, diklaim akan menjadi perusahaan pertama yang bakal memiliki baterai solid yang akan digunakan BMW dan Ford.
Baterai ini akan diproduksi di pabrik yang berlokasi di Colorado, Amerika Serikat, dengan kapasitas terpasang 15 ribu unit per tahun. Jumlah ini diharapkan cukup untuk memasok kendaraan-kendaraan listrik tang membutuhkan baterai solid-state.

Disebutkan kandungan baterai solid-state yang akan digunakan BMW dan Ford ini menggunakan Anoda dan elektrolit yang berbeda. Serta memiliki katoda (elektroda positif) yang terdiri dari nikel-mangan-kobalt seperti yang ditemukan di sebagian besar baterai kendaraan listrik saat ini.

Namun yang menjadi pembeda baterai solid-state ini memiliki lebih dari 50 persen silikon, tidak menggunakan grafit karbon yang membuat bobot baterai jadi lebih berat. Selanjutnya baterai solid-state ini juga dikatakan menggunakan anoda sebagai pengikat dan aditif konduktif yang digabungkan dengan elektrolit sulfida.

QuantumScape memang tidak akan membocorkan bahan kimia secara mendetail dari elektrolitnya, kecuali untuk mengatakan bahwa itu adalah sulfida (penelitian baterai solid-state lainnya telah melibatkan elektrolit jenis keramik dan polimer padat). Meski demikian dipastikan desain baterainya dapat diproduksi menggunakan proses dan peralatan yang sama yang telah digunakan untuk memproduksi baterai lithium-ion saat ini.

Nah pertanyaan yang selanjutnya adalah, mobil apa yang akan disematkan baterai solid-state oleh BMW dan Ford?

(ERA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id