comscore

Masih Banyak Kendaraan Bandel ODOL Di Jalan Tol

Ekawan Raharja - 14 Maret 2022 15:06 WIB
Masih Banyak Kendaraan Bandel ODOL Di Jalan Tol
Razia ODOL untuk kendaraan komersial di jalan tol. Jasa Marga
Jakarta: Jasa Marga bekerja sama dengan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Korlantas POLRI, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) dan Dinas Perhubungan menggelar razia kendaraan Over Dimension dan Over Load (ODOL) di sepanjang Januari - Februari 2022. Hasilnya pun sangat mengejutkan karena 63 persen kendaraan yang terjaring razia melakukan pelanggaran ODOL.

Jasa Marga dan rekan mencatat 1.030 kendaraan yang terkena razia, dan 649 kendaraan diantaranya melanggar ODOL, yang dilakukan di alan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Jalan Tol Ngawi-Kertosono. Corporate Communication, Dwimawan Heru, menjelaskan jumlah ini turun sebesar 3,97 persen dibanding dengan periode yang sama pada tahun 2021.
 
“Dari total 649 kendaraan tersebut kami mencatat sekitar 493 kendaraan (75,96 persen) melanggar Over Load, 61 kendaraan (9,40 persen) melanggar Over Dimensi, dan sebanyak 95 kendaraan (14,64 persen) melanggar kelengkapan dokumen berkendara,” ujar Heru melalui keterangan resminya.
 
Heru juga menjelaskan, Jasa Marga mencatat persentase pelanggaran ODOL paling banyak terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebesar 312 kendaraan atau 68,9 persen dari kendaraan terjaring, diikuti dengan Jalan Tol Jakarta-Tangerang sebesar 313 kendaraan atau 58,8 persen dari kendaraan terjaring, dan Jalan Tol Ngawi-Kertosono sebanyak 24 kendaraan atau 53,3 persen dari kendaraan terjaring
Pada saat operasi ODOL, kendaraan yang terbukti melanggar ditilang oleh pihak Kepolisian, kemudian ditempelkan stiker sebagai penanda bahwa kendaraan merupakan kendaraan ODOL dan dikeluarkan ke gerbang tol terdekat. Transfer muatan juga dilakukan pada saat operasi ODOL, terutama untuk kelebihan muatan yang melebihi 80 persen dari Jumlah Berat Diizinkan (JBI).







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id