comscore

Impresi Awal Hyundai Creta, Ternyata Begini Rasanya

Ekawan Raharja - 15 Januari 2022 09:00 WIB
Impresi Awal Hyundai Creta, Ternyata Begini Rasanya
Hyundai Creta. Autogear.id/Alun
Cikarang: Hyundai Creta pertama kali resmi diperkenalkan di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 lalu. Pihak pabrikan asal Korea Selatan tersebut memberi kesempatan Autogear.id dan Medcom.id untuk menjajal Creta yang diklaim memiliki makna sebagai kendaraan untuk keluarga.
 
Tester driver Autogear.id kebagian jajal mobil seharga Rp279 juta hingga tipe tertinggi Rp399 juta. Tak lama, mulai masuk ke dalam mobil. Sapukan pandangan ke seluruh interior, kesan elegan dan eksklusif langsung terlihat.
 
Perlahan coba meresapi duduk di atas jok empuk yang diinfokan memiliki Ventilated Seat, sirkulasi udara di balik kulitnya. Agar pengemudi dan penumpang tidak merasa gerah sewaktu duduk di atasnya.
 
Sebelum injak pedal gas, iseng kutak-kutik tombol dekat spion tengah. Kiranya itu tombol pembuka Panoramic Sunroof. Geser sekali, atap terbuka tampaklah kaca panoramanya. Geser pelan sekali lagi, kaca terbuka, langsung suasana luar terlihat di atas. Eh, musim hujan begini, jangan lupa ditutup lagi kaca panoramanya ya!
 
Mulai driving impression, handling terasa nyaman, atur tangan di kemudi dan posisi duduk. Pertama-tama mengetes akselerasi di Proving Ground Test Track di pabrik yang diklaim sang empunya sebagai bangunan berteknologi tinggi paling ramah lingkungan dibanding milik para pesaingnya. 
 
 
Melintasi trek tidak terlalu panjang, dan sempat menjajal tanjakan serta turunan. Kurang bisa mengeksplore terlalu banyak di sini dengan kecepatan maksimal 60-80 km/jam.
 
“Setelah ini kita coba sedikit keluar kawasan pabrik ya,” ujar Perwakilan Hyundai, Alvin, yang mendampingi di dalam mobil. Memang, selain dua penumpang, Hyundai juga menempatkan satu orang stafnya untuk menemani.
 
Ketika mulai melibas jalanan umum di kawasan Deltamas, Cikarang, hujan cukup deras mulai turun. Dikatakan kabin Creta begitu senyap, tapi tetap saja suara rintik air hujan masih terdengar. Apakah karena atapnya kami buka, sisakan kaca sunroof saja? Sehingga bisa terlihat jelas curahan air hujan yang jatuh dari atas.
 
Sayangnya, ketika menjajal di jalanan umum seputar pabrik, rute yang ditempuh juga tak terlalu jauh. Sehingga belum bisa mengeksplore banyak keunggulan yang dimiliki SUV 5-seater ini. 
 
Paling hanya bisa rasakan kestabilan berkendara, dan kelembutan daya redam suspensi. Itupun karena jalanan umum di kawasan Deltamas ini punya aspal yang cenderung masih mulus, belum banyak lubangnya. Hanya sesekali melindas celah-celah aspal yang retak.
 
 
Menikmati pula sensasi kualitas alunan suara musik dari perangkat Bose Premium Sound System, yang berpadu gemericik air hujan di luar kabin. Hembusan AC yang dingin, ditambah kondisi hujan membuat berkendara terasa kian menghanyutkan. Duh bahaya, bisa ngantuk nih...,“di depan kita belok kiri ya, masuk lagi ke dalam kawasan pabrik”, celoteh Alvin tiba-tiba di tengah suasana. Oke, selesai akhirnya Media Experience Day sesaat bersama Hyundai. Teman media semobil pun berujar pelan, “kurang jauh dan kurang lama test drive-nya”.
 
Hyundai Creta diperkuat mesin Smartstream 1.5L dengan sistem Intelligent Variable Transmission (IVT). Dilengkapi fitur Drive Mode untuk mengatur pilihan gaya berkendara Eco, Comfort, Smart dan Sport. Teknologi IVT juga memungkinkan Hyundai mencapai tenaga maksimal hingga 115 ps/6.300 rpm dengan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4.500 rpm.
 
Fitur lain pada Creta Cooled Glove Box, Ambient Mood Lamp, Full TFT LCD Meter Cluster measuring 10.25 inches. Lalu fitur Traction Control Mode, Hyundai SmartSense, Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA), Driver Attention Warning (DAW), Driver Rear View Monitor (DRVM), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Safe Exit Warning (SEW), dan High Beam Assist ( HBA).

(ERA)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id