Mobil Klasik

    Asal Usul Lahirnya Supercar Veyron

    M. Bagus Rachmanto - 19 Februari 2020 13:05 WIB
    Asal Usul Lahirnya Supercar Veyron
    Bugatti 57C Atalante merupakan supercar klasik di jamannya. Carbuzz
    Amerika Serikat: Banyak orang yang tahu bahwa Bugatti merupakan produsen supercar, Bugatti Veyron. Namun DNA supercar yang mereka miliki sudah ada sejak jaman dulu. Hal tersebut bisa dilihat dari Bugatti 57C Atalante. Mobil bergaya hot-road ini pertama kali diperkenalkan pada 1936 di New York, Amerika Serikat (AS).

    Berbekal mesin DOHC V8, mobil klasik ini dapat menyemburkan tenaga hingga 160 daya kuda. Di masa jayanya, 57C Atalante menjadi mobil balap yang telah memenangi berbagai kejuaraan dalam satu dekade.
     
    Mobil ini pun juga diproduksi secara terbatas seperti Veyron, hanya 32 unit. Maka tak heran jika mobil klasik ini jadi rebutan kolektor mobil klasik. Prediksinya mobil klasik tersebut bisa laku di angka USD10 juta atau sekitar Rp136 miliar. Harga semahal itu tak lain disebabkan komponen yang digunakan masih original.

    Kini dengan desainnya yang modern, Veyron sukses menggeparkan industri otomotif yang pertama kali meluncur pada 2005 silam. Bagaimana tidak, Bugatti Veyron lahir dengan mesin 16 silinder berkonfigurasi W16, berkapasitas 8.0 liter dan dipersenjatai oleh 4 turbo sekaligus, tenaganya menembus angka 1.000 daya kuda.

    Jika dirunut sejarahnya, Bugatti Veyron ini adalah hasil dari angan-angan Ferdinand Piëch, yang tak lain adalah cucu Ferdinand Porsche, pendiri merek Porsche.

    Pada Mei 1998, Ferdinand Piëch yang mengepalai Volkswagen AG (VW) saat itu membeli hak merek Bugatti. Hal pertama yang dilakukan setelah mengakuisisi Bugatti, Piëch bertekad untuk menciptakan rekayasa teknis paling mengagumkan dengan membuat mobil bertenaga 1.000 daya kuda yang dapat digunakan di jalan raya.

    Saat itu, banyak yang menganggap Piëch gila dan tidak yakin mobil semacam itu dapat terwujud, karena hingga awal tahun 2000-an, mobil bertenaga sebesar itu hanya diperoleh melalui mobil balap.

    Sekitar 1998 hingga 1999 berbagai goresan karya rumah desain Giugaro mulai diperkenalkan, yang mana semuanya mengusung teknologi penggerak 4 roda dan dapur pacu VW W18 18 silinder. Hingga akhirnya lahirlah konsep Bugatti EB 18/4 Veyron di pameran Tokyo Motor Show. 

    Mobil konsep tersebut menjelma sebagai Bugatti EB 16/4 di tahun 2000, dengan mengurangi 2 silinder di ruang mesin. Baru pada 2001 VW memberikan lampu hijau penggarapan maha karya Bugatti tersebut. Prototipe pertama Veyron baru layak jalan di tahun 2003. Setelah berbagai kendala yang meliputi, Bugatti Veyron resmi lahir pada 2005.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id