Tesla Motors Lepas Semua Hak Paten Teknologi Mobil Listrik

    Ekawan Raharja - 18 Februari 2019 13:34 WIB
    Tesla Motors Lepas Semua Hak Paten Teknologi Mobil Listrik
    Tesla Motors membuka semua hak paten teknologi mobil listrik demi kebaikan. Tesla Motors
    San Francisco: Langkah mengejutkan diambil Tesla Motors dengan melepas seluruh hak paten teknologi mobil listrik milik mereka. Hal ini dilakukan sebagai langkah kongkrit mereka untuk melawan perubahan iklim dunia.

    Founder & CEO Tesla Motors, ELon Musk, mengakui tidak akan menuntut para perusahaan/pihak yang menggunakan teknologi yang dikembangkan Tesla Motors. Hanya saja teknologi ini harus digunakan untuk tujuan yang baik, khususnya mencegah terjadinya perubahan iklim dunia.

    Langkah Elon Musk tentu saja ajaib karena hampir semua perusahaan, di berbagai bidang, selalu melindungi hasil penemuan mereka. Mereka memberikan hak paten sehingga orang lain tidak bisa mengkloning ide atau teknologi yang sudah dikembangkan.

    Di sisi lain, pria berjuluk Ironman ini mengumumkan mengenai pelepasan hak paten ini di awal Februari 2019. Di saat bersamaan, jaksa penuntut umum mendakwa warga Tiongkok karena mencuri rahasia proyek mobil otonom Apple.

    Tesla Motors Lepas Semua Hak Paten Teknologi Mobil Listrik

    "Tesla diciptakan untuk mempercepat kemunculan transportasi berkelanjutan. Jika kita membersihkan jalan pengembangan mobil listrik, kemudian kita meletakan ranjau berupa hak kekayaan intelektual di belakangnya, sama saja menghambat orang lain. Kita bergerak melawan tujuan," ungkap Elon Musk dikutip dari ABS-CBN News.

    Di sisi lain Elon Musk mulai merasa skeptis terhadap hak paten yang kebanyakan cuma berfungsi untuk menghambat kemajuan dan membantu perusahaan. Alih-alih daripada memajukan kesejahteraan para penemunya.

    Kendati demikian, Elon Musk mengakui harus mengajukan hak paten untuk Tesla demi mencegah perusahaan mobil besar menyontek teknologi dan mengambil alih pasar. Sehingga masyarakat dunia akan mendapat manfaat dari kemajuan pesat dalam teknologi mobil listrik.

    "Kami percaya bahwa menerapkan filosofi terbuka atas paten kami akan memperkuat daripada mengurangi posisi Tesla, dan dapat menghasilkan insinyur berbakat," katanya.

    Seperti yang diketahui saat ini, Tesla Motors merupakan salah satu produsen otomotif yang cukup menonjol belakangan ini. Positioning produk mereka cukup berbeda dengan produsen mobil umumnya karena sejak awal kemunculannya, Tesla Motors menawarkan kendaraan 100 persen listrik.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id