Mobil Bekas

    Insentif PPnBM Diakui Bikin Pasar Mobil Bekas Turun

    Ekawan Raharja - 23 April 2021 10:00 WIB
    Insentif PPnBM Diakui Bikin Pasar Mobil Bekas Turun
    Ilustrasi. Lifepal



    Jakarta: Pandemi yang terjadi tahun lalu dan insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) membuat laju pasar mobil bekas di Indonesia terhambat. Hambatan ini pun membuat para pemain mobil bekas di Tanah Air harus bersiasat untuk bisa menanggulangi penurunan permintaan.
     
    Hasil studi bertajuk 'Consumer Research' yang dilakukan OLX Autos memperlihatkan bahwa  terjadi penurunan 9 persen jika dibandingkan kuartal IV 2020 terhadap niat membeli mobil bekas. Adanya faktor eksternal seperti pemberlakuan PPnBM 0 persen membuat penurunan ini tergolong wajar.
     
    Meski demikian, ada sejumlah faktor yang membuat penurunan ini tidak terlalu jauh. Faktor-faktor yang membuat konsumen tetap membeli mobil bekas antara lain 31 persen masyarakat mencari mode transportasi yang aman karena orang sudah banyak yang beraktivitas normal. Kemudian 28 persen masyarakat mencari mobil yang usianya masih terbilang baru, mulai terlihatnya sentimen yang positif pada konsumen, serta keadaan ekonomi yang sudah mulai membaik.
     
    "Terlepas adanya beberapa faktor eksternal, kami optimis industri mobil bekas masih sangat menyimpan potensi yang besar untuk dieksplorasi lebih lanjut. Terlebih walaupun sudah setahun, data kami menunjukkan masyarakat masih memprioritaskan keamanan, dan mobil bekas menjadi salah satu opsi yang tidak hanya aman tetapi juga relatif terjangkau," ungkap CEO OLX Group Indonesia, Johnny Widodo, Kamis (22/4/2021) melalui jumpa pers virtual.
     
    Kemudian riset bertajuk 'Individual Seller Segmentation', pandemi ini masih membuat konsumen membutuhkan tambahan dana sehingga melepas aset yang mereka miliki, tidak terkecuali mobil. Sebanyak 39 persen pelanggan melepas aset mobil dengan alasan adanya kebutuhan yang mendesak untuk keperluan keluarga. Sedangkan 29 persen pelanggan menjual mobil untuk meningkatkan dan mempunyai keinginan untuk memiliki mobil yang lebih baik dari mobil sebelumnya.

    Halaman Selanjutnya
      Selama proses ini, mereka…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id