Industri Otomotif

    Grup Astra Targetkan Kuasai 51 Persen Pasar Otomotif Nasional

    Ekawan Raharja - 20 Februari 2020 16:36 WIB
    Grup Astra Targetkan Kuasai 51 Persen Pasar Otomotif Nasional
    Astra Auto Fest 2020 tampilkan 19 peserta dari berbagai unit bisnis otomotif. Medcom.id/Ekawan Raharja

    BSD City: Memasuki tahun 2020, Astra Internasional sebagai salah satu grup otomotif terbesar di Indonesia sudah memiliki rencana di tahun Tikus Logam ini. Mereka berencana untuk mengamankan 51 persen pangsa pasar penjualan mobil di Indonesia, atau sekitar 500 ribu unit mobil.

    Direktur PT Astra International yang mengurusi bisnis mobil, Gidion Hasan, memprediksi tahun ini penjualan otomotif berkisar 1,0777 juta unit atau ada kenaikan tipis 5 persen dibandingkan pencapaian tahun lalu, dan disebut ini masih termasuk dalam kondisi stagnan. Jika berkaca kepada pencapaian di 2019, Grup Astra berhasil meraih 52 persen atau setara 536.402 unit untuk berbagai merek mobil yang ada di bawahnya.


    "Memang cenderung stagnan bisnis otomotif Astra, karena pasar nasional diprediksi hanya naik 5 persen," ujar Gidion Rabu (19/2/2020) di sela-sela Astra Auto Fest 2020.

    Sekarang ini, ada sejumlah merek otomotif yang diniagakan di bawah Grup Astra seperti, Toyota, Lexus, Daihatsu, Peugeot, Isuzu, BMW, dan merek lainnya. Kini merek-merek tersebut sedang melakukan pemeran, bersama unit bisnis otomotif Astra lainnya, yakni Astra Auto Fest 2020.

    Direktur Astra International dan Chief Astra Financial, Suparno Djasmin, juga mengakui bisnis otomotif akan sedikit lesu seperti tahun lalu. Bahkan dia melihat kondisi penjualan di Januari masih belum mengalami pertumbuhan.

    "Pangsa pasar Astra harus naik. Caranya, kami bekerja sama mengoptimalkan seluruh value chain Astra baik di bisnis kendaraan bermotor roda empat, roda dua maupun jasa keuangan," ujar Suparno di kesempatan yang sama.

    Melihat data yang diberikan oleh Astra International, di Januari tahun 2020 ini mereka cuma berhasil menjual 40.289 unit mobil berkat sokongan dari Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot. Sayangnya angka ini lebih rendah dibandingkan capaian periode yang sama tahun lalu yang mencapai 42.202 unit mobil.





    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id