e-AMMDes Masih Berstatus Prototipe - Medcom

    e-AMMDes Masih Berstatus Prototipe

    Ekawan Raharja - 05 September 2019 14:20 WIB
    e-AMMDes Masih Berstatus Prototipe
    e-AMMDes muncul perdana di IEMS 2019. Edo
    Jakarta: PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) unjuk kemampuan mereka dalam meracik alat mekanik pedesaan yang berbentuk mobil yang diberi nama Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes). Uniknya, diam-diam mereka menghadirkan AMMDes yang sudah dilengkapi dengan tenaga listrik.

    Sebelumnya diketahui bahwa AMMDes mengusung mesin diesel sebagai penggeraknya. Namun e-AMMDes di klaim menggunakan motor listrik dan baterai layaknya sebuah kendaraan listrik.

    "Mobil ini memang masih prototipe dan baru pertama kali muncul di pameran Indonesia Electric Motor Show ini," ujar Perwakilan PT KMWI, Didit, Rabu (4/9/2019) di Balai Kartini Jakarta.

    e-AMMDes Masih Berstatus Prototipe

    Melihat ke bagian bak, tertempel panel listrik di bagian belakang kabin, dan di sini tempat untuk pengecasan baterai listrik e-AMMDes. Alat multiguna ini mengusung 6 baterai berkapasitas 12 volt, dan total memiliki 72 volt.

    Dengan kondisi baterai terisi penuh, e-AMMDes mampu berjalan sekitar 20-25 kilometer. Sedangkan untuk lama pengecasan baterai akan memakan waktu sekitar 6 jam.

    Sumber tenaga dari baterai tersebut, lantas disalurkan ke motor listrik berkekuatan 7.3 kW. Tetapi sayangnya untuk alat mekanis bergerak ini masih menggunakan transmisi manual 3-percepatan, belum menggunakan model otomatis seperti kendaraan listrik umumnya.

    e-AMMDes Masih Berstatus Prototipe

    Desain e-AMMDes tidak mengalami perubahan dibandingkan versi mesin konvensional. Di unit yang tim Medcom.id temukan di IEMS 2019, menggunakan flat deck yang biasanya digunakan untuk mengangkut barang.

    "Belum dijual, masih prototipe (e-AMMDes). Kalau yang ada sekarang masih mesin diesel, mulai dari harga Rp70 juta," pungkas Didit.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id