Profil Ban Menentukan Kenyamanan Berkendara

    M. Bagus Rachmanto - 25 Agustus 2019 17:05 WIB
    Profil Ban Menentukan Kenyamanan Berkendara
    Pilih tipe ban mobil, silahkan sesuaikan dengan peruntukannya. Medcom.id/Bagus Rachmanto
    Jakarta: Memilih ban untuk modifikasi tampilan mobil, jangan lupakan faktor kenyamanan. Kalau yang berhubungan dengan kenyamanan, biasanya selain masalah lebar dan tingkat kebisingan, juga tinggi penampang side wall. Semakin pipih sebuah ban, maka akan semakin rigid dan kaku side wall-nya.
     
    Untuk itu, perhatikan kode ban misalnya: 195/55 R15 84 V. Angka 195 menunjukan lebar penampang ban, 55 merupakan aspek rasio (ketebalan profil ban dan lebar telapak ban), dan R menunjukan konstruksi ban radial.
     
    Mus M yang bertugas sebagai Kepala Bengkel Autopit Kalimalang, Jakarta Timur menyarankan, jika ingin mendapatkan bantingan kendaraan yang lebih empuk atau tidak keras, sebaiknya memilin ban dengan angka aspek rasio yang lebih besar. 

    Karena semakin besar kode angka rasio, menunjukkan semakin tebal pula profil bannya seperti 60 atau 65. Sebaliknya, jika kode angka rasio semakin kecil, maka profil ban akan semakin tipis seperti 45 atau 50.
     
    Profil ban tipis kebanyakan digunakan pada mobil yang telah dikustom agar telihat lebih gaya. "Kalau menganut dari kenyamanan, profil ban paling tipis yang masih enak digunakan adalah ukuran 45. Kalau di bawah itu, biasanya sudah semakin rigid rasanya," imbuh Manager Director Achilles, M. Zein Saleh.
     
    Jadi, sekarang pilihan ada di tangan Anda, mau nyaman pilih yang side wall-nya lebih tinggi namun jika ingin gaya saja, silahkan pilih yang side wall-nya kecil.


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id