comscore

Toyota Bakal Bangun Pabrik Onderdil Mobil Listrik, Sayang Bukan Di Indonesia!

Ekawan Raharja - 18 Mei 2022 10:00 WIB
Toyota Bakal Bangun Pabrik Onderdil Mobil Listrik, Sayang Bukan Di Indonesia!
Pabrik Toyota di Indonesia memproduksi kendaraan bermotor utuh dan sejumlah komponen utama seperti mesin. ANTARAFOTO/Wahyu Putro A
New Delhi: Toyota berencana untuk membangun pabrik suku cadang (onderdil) khusus mobil listrik. Nantinya pabrik tersebut akan diperuntukan sebagai pusat produksi dan distribusi suku cadang mobil listrik di dalam dan luar negeri.

Wakil Presiden Eksekutif Toyota Kirloskar Motor, Vikram Gulati, menyebutkan pabrik ini memang dibangun untuk memenuhi kebutuhan suku cadang mobil listrik. Suku cadang yang dihasilkan ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri saja, tetapi juga di ekspor ke berbagai negara, termasuk Jepang sebagai negara asal merek otomotif tersebut.
"Aspirasinya adalah menjadikan India sebagai pusat manufaktur untuk teknologi yang lebih bersih," kata Vikram Gulati dikutip dari Reuters.

Informasi ini menjadi lanjutan dari investasi senilai INR (rupee) 48 miliar atau setara dengan Rp9 Triliun. Dana ini akan digunakan untuk lokalisasi rantai pasokan kendaraan listrik dan mencapai target nol emisi karbon yang lebih luas pada 2050 mendatang.

Sebagian besar investasi di India akan dilakukan oleh unit lokal yakni Toyota Kirloskar Motor dan Toyota Kirloskar Auto Parts, serta perusahaan patungan yakni Aisin Seiki dan Kirloskar Systems.
 

Vikram juga menyebutkan pabrik ini akan memproduksi juga e-drive atau bagian dari powertrain yang digunakan oleh mobil listrik, termasuk baterai, untuk mobil-mobil plug-in hybrid hingga model hybrid lainnya.

Di India, pabrikan asal Jepang tersebut memang lebih fokus pada peluncuran kendaraan tipe hybrid. Hal itu diyakini lebih cocok dengan tujuan pemerintah India untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan meminimalisir emisi karbon.

"Membangun rantai pasokan lebih awal akan membantu Toyota menjadi kompetitif dalam hal volume dan harga di India," ujarnya.

(ERA)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id