Komponen Otomotif

    Tapak Ban Melengkung Hilangkan Suara Bising?

    Ahmad Garuda - 20 Februari 2020 17:47 WIB
    Tapak Ban Melengkung Hilangkan Suara Bising?
    Pola tapak ban yang membulat ampuh usir suara bising? medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Produsen ban mobil yang ada sekarang ini, tak lagi pusing soal keamanan dan keselamatan. Lantaran ini sudah menjadi fitur wajib yang selalu ada di setiap produk atau riset yang mereka lakukan. Tantangan lebih besar justru datang dari masalah kenyamanan dan punya peran terhadap efisiensi bahan bakar.

    Hampir semua pabrikan karet bundar ini pun melakukan efisiensi dengan banyak cara. Mulai dari penggunaan bahan dasar pembuatan ban yang mudah terurai dan tak menghasilkan emisi, juga ke desain model yang bisa membuat hambatan gulirnya lebih kecil.

    Dunlop malah memilih membuat desain yang tapaknya melengkung sehingga pola tapak saat menyentuh permukaan jalan akan berbentuk bulat. Artinya, bagian tengah akan bertemu lebih dulu dengan permukaan jalan, kemudian bagian tepiannya.

    Polanya mirip ketika ban kelebihan tekanan udara di model ban biasa. Tapi bedanya ban ini desainnya seperti itu dan tidak kelebihan tekanan angin. Analogi lainnya adalah ketika seseorang berjalan dengan cara jinjit. Sehingga langkah kaki terdengar lebih senyap. Berbeda ketika seseorang berjalan dengan tapak kaki menepuk permukaan lantaran secara merata, yang mengakibatkan ada suara yang keluar.

    "Desainnya memang seperti itu dan kami melakukan riset tentu dengan tujuan yang lebih banyak. Salah satunya mengurangi suara bising yang keluar dari ban di kecepatan tertentu. Apalagi ketika berjalan di permukaan jalan beton yang memperbesar potensi bisingnya. Dengan pola menapak seperti itu, membuat ban bisa meredam suara yang kemungkinan bisa timbul karena bertemunya permukaan yang kasar atau bergelombang dengan tapak ban," klaim Tyre Designer Sumitomo Rubber Industries Japan (Dunlop), Kubo Sumitomo.

    Sidewall Melengkung
    Hal kedua yang berperang besar dalam hal kenyamanan dan mereduksi getaran dari permukaan jalan kasar adalah dinding samping ban yang didesain membulat. Menurut Kubo, ini berfungsi sebagai pegas atau per dari ban. Sehingga getar yang berpotensi mengganggu kenyamanan di kabin, terbantu di bagian ban.

    Ban Anti Bocor
    Inovasi lain yang dibuat oleh produsen ban pernah diperlihatkan oleh Michelin. Mereka membuat ban yang tak lagi menggunakan tekanan angin. Desain ban menggunakan pola pegas, sehingga membuat bilah-bilah karet yang melengkung bisa memberi kenyamanan terhadap mobil yang menggunakannya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id