Test Drive

    Karakter SUV Mazda CX-30, Galak di Rute Cikampek-Lembang

    M. Bagus Rachmanto - 26 Februari 2020 19:21 WIB
    Karakter SUV Mazda CX-30, Galak di Rute Cikampek-Lembang
    Mazda CX-30. EMI
    Lembang: Persaingan segmen crossover di Indonesia terlihat semakin menarik. Ini ditandai dengan hadirnya Mazda CX-30 ke publik tanah air pada Januari 2020, yang digadang-gadang sebagai produk baru unggulan Muzda.

    Kesempatan untuk menjajal SUV terbaru Mazda yang katanya dibekali fitur-fitur terbaik, akhirnya datang juga. Dalam sesi media drive, Medcom.id membuktikan kehandalan performanya.
     
    Dalam sesi media test drive ini, rute yang dipilih adalah Jakarta-Lembang, Jawa Barat. Jalur yang harus dilalui mulai dari jalan perkotaan yang padat hingga perbukitan. Bahkan di kawasan Lembang menjumpai tanjakan yang cukup ekstrem.

    Performa Mesin
    Total jarak tempuh yang kami lakukan, yaitu sekitar 160 km. Namun untuk pembuktian performa mesin, kami mengambil jalur tol dan menjalani rute meliuk-liuk menuju dan dari kawasan Lembang.
    Karakter SUV Mazda CX-30, Galak di Rute Cikampek-Lembang 
    Tak ada hambatan dalam menyelesaikan rute perjalanan yang dipilih. Tak heran, lantaran CX-30 dibekali mesin SKYACTIV-G 2.0 liter, dengan transmisi otomatis 6-percepatan SKYACTIV-DRIVE, bertenaga 148 daya kuda pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 192 Nm pada 2.800 rpm, sehingga saat ditanjakan mobil terasa bertenaga dan di jalan berliku feeling berkendara lebih dinamis. 

    Fitur Baru Melimpah 
    Menyajikan Active Driving Display, mobil ini mendapat penyempurnaan dari tampilan tengah panel instrumen, untuk menyajikan informasi secara sederhana melalui layar 8,8 inci dengan pengoperasian lebih mudah melalui tombol pusat kendali. Suara hiburan tersalurkan melalui speaker mid-range yang diposisikan pada bagian dashboard kiri dan kanan, serta di trim pintu.

    Sistem audio standar dilengkapi speaker 3-way sebanyak 8 buah speaker dengan woofer 3L yang tersemat di bagian dalam dashboard, tweater 2,5 cm di bagian kanan-kiri dashboard, serta squawkers 8 cm di atas trim depan dan belakang.
    Karakter SUV Mazda CX-30, Galak di Rute Cikampek-Lembang 
    Begitu juga dengan fitur safety bisa disesuaikan. Namun untuk versi lengkapnya, CX-30 dibekali 7 kantong udara dan paket Mazda i-Activsense yang terdiri dari Driver Monitoring System, Front Cross Traffic Alert, dan Cruising & Traffic Support. 
     
    Sementara untuk keamanan ada teknologi i-ACTIVESENSE yang merupakan pengendali semua fitur keselamatan di mobil-mobil Mazda. Lalu ada sistem Driver Monitoring dan Smart Brake Support.

    Kaki-Kaki
    Sistem peredaman harus diakui cukup bagus saat melintasi jalan berlubang dan bergelombang. Menurut pengakuan sang desainer, suspensi anyar menggunakan coilover Tein Flex Z, memang didesain untuk memberikan peredaman yang lebih baik di kondisi jalan buruk.

    Sementara dari sisi tampilan, pelek baru yang menggunakan Advan Racing RZ II, berdiameter 18 inci dengan lebar 7,5 inci dibungkus ban 225/50 R18.

    Kesimpulan
    Secara keseluruhan, mobil ini punya fitur dan teknologi mesin yang mumpuni. Mobil lima penumpang (5-seater) tersebut, menjadi pesaing dekat dari Kia Seltos dan juga Honda HR-V yang diprediksi bakal merecoki pasar mobil di kisaran harga Rp500 jutaan.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id