Perawatan Kendaraan

    Punya Mobil Ini? Servis Berkalanya Cuma Setahun Sekali

    Ekawan Raharja - 13 Juli 2020 13:15 WIB
    Punya Mobil Ini? Servis Berkalanya Cuma Setahun Sekali
    rata-rata mobil Porsche menjalani perawatan berkala setahun sekali. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Rata-rata umumnya mobil akan melakukan perawatan berkala dengan melihat kilometer seperti per 10.000 atau melihat waktu per enam bulan sekali (mana yang lebih dahulu tercapai). Cuma tentu akan berbeda dengan perawatan mobil-mobil hobi yang jarak keluar, dan mungkin dalam setahun jarak tempuhnya dalam setahun masih sangat rendah.
     
    Aftersales Manager Porsche Indonesia, Iwan Syarief, menjelaskan rata-rata dalam setahun mobil-mobil konsumen mereka rata-rata hanya menempuh jarak 2.000-3.000 kilometer per tahun. Meski rendah, perawatan berkala harus tetap rutin dilakukan untuk menjaga performa serta kondisinya tetap optimal.
     
    "Pengalaman saya selama di sini, biasanya mobil servis di waktu satu tahun, kilometernya tidak banyak, hanya 2.000-3.000," tutur Iwan saat ditemui di dealer Porsche Center Jakarta.
     
    Meski demikian, mereka mematok perawatan berkala untuk tetap dilakukan per 10.000 kilometer atau dalam jangka waktu setahun. Mengingat kilometer mobil-mobil konsumen mereka masih sangat rendah, maka biasanya konsumen akan melakukan servis berkala berdasarkan waktu.
     
    "Selama tidak ada itu (muncul tanda pemberitahuan di cluster informasi pengemudi), berarti mobil tidak ada masalah. Perawatan berkala biasanya oli, kampas rem, semua pelumasan seperti minyak rem, busi."
     
    Selain itu ada kemungkinan juga mobil-mobil ini akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak, dan biasanya muncul di cluster informasi pengemudi. "Hanya saja pembaruan ini sangat jarang terjadi, dan biasanya langsung spesifik ke satu mobil karena setiap mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda," terang Iwan.
     
    Kalau ada pun kerusakan di luar perawatan berkala maka bisa dengan cepat dan mudah diketahui. Hal ini dikarenakan Porsche sudah melengkapi mobil-mobilnya dengan sistem komputerisasi yang memudahkan mekanik dalam melakukan pengecekan dan perbaikan.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id