Mobil Klasik

    Ini Cikal Bakal Nissan GT-R Dijuluki Godzilla

    Ekawan Raharja - 06 April 2020 11:37 WIB
    Ini Cikal Bakal Nissan GT-R Dijuluki Godzilla
    Nissan Skyline R-32 dijuluki dengan Godzilla karena memang tenaganya yang sangat buas. MOtor1
    Jakarta: Nissan GT-R merupakan salah satu sport car terbaik sepanjang sejarah otomotif, dan mendapatkan julukan Godzilla. Nyatanya julukan ini bukan diciptakan oleh Nissan dan merupakan pengakuan dari dunia akan kehebatan mobil tersebut.
     
    Godzilla atau orang Jepang menyebutnya sebagai Gojira merupakan tokoh fiksi monster yang ada di Jepang. Monster ini berbentuk reptil amfibi yang sangat besar dan memiliki kekuatan nuklir yang sangat kuat.
     
    Penyematan nama Godzilla ini sudah berlangsung sejak 1989 atau 31 tahun silam. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan Nissan Skyline R-32 yang menjadi cikal bakal GT-R yang ada sekarang.
     
    Ini Cikal Bakal Nissan GT-R Dijuluki Godzilla

    Skyline R-32 merupakan penerus dari Skyline R-31 yang kemampuannya kurang bisa diandalkan di ajang balap. Akhirnya pabrikan asal Jepang itu hadir membuat generasi terbaru dengan desain dan mesin baru, sehingga lahirlah Skyline R-32.
     
    Sport car legendaris tersebut menggunakan mesin RB26DETT 2.568 cc 6 cylinder in-line twin turbo dengan tenaga maksimal hasil tune up mencapai 295 daya kuda. Padahal saat itu, tenaga yang dimiliki oleh mobil-mobil lain tak sampai 276 daya kuda.
     
    Penggunaan mesin ini juga tidak terlepas dari peraturan Grup A kejuaraan balap Touring Car di Jepang saat itu. Mengingat tujuannya sport car ini adalah berprestasi di dunia balap.
     
    Ini Cikal Bakal Nissan GT-R Dijuluki Godzilla

    Kemudian untuk transmisinya menggunakan teknologi 5-percepatan manual. Sedangkan sistem penggeraknya sudah mengusung all-wheel drive.
     
    Uniknya pembagian torsi AWD yang ditawarkan Skyline R-32 20-80, 29 persen untuk roda depan dan 80 persen untuk roda belakang.
     
    Alhasil sejak musim balap tahun 1990 dan menjadi musim balap pertamanya, Skyline R-32  sukses mendominasi divisi 1 dengan menjuarai 7 dari 7 balapan Touring Car di Jepang.
     
    Selain itu, sport car legendaris ini juga berprestasi di Benua Australia. Terbukti berhasil menjadi yang tercepat di balapan Touring Car Australia pada musim 1990.
     
    Hal ini kemudian membuat media otomotif di Australia menyematkan gelar Skyline R-32 dengan sebutan Godzilla. Gelar ini dirasa sangat cocok dan melesat hingga generasi selanjutnya Skyline, sehingga akhirnya berubah nama menjadi GT-R.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id