Mobil Baru

    Toyota Yaris 'TNGA' Belom Cocok untuk Indonesia

    Ekawan Raharja - 09 September 2020 14:00 WIB
    Toyota Yaris 'TNGA' Belom Cocok untuk Indonesia
    New Toyota Yaris di Indonesia belum mengadopsi sasis TNGA. Toyota
    Jakarta: Toyota sudah memperkenalkan All New Yaris generasi ketiga pada Tahun 2019, dan kini mulai dipasarkan untuk pasar Eropa. Sayangnya mobil berteknologi TNGA ini belum cocok untuk pasar otomotif Indonesia sekarang ini.

    Marketing Director PT Toyota–Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, menjelaskan untuk model hatchback satu ini memang memiliki versi masing-masing sesuai dengan kebutuhan pasarnya. Sedangkan ia mengklaim untuk pasar Indonesia belum waktunya menggunakan Yaris generasi ketiga yang sudah dilengkapi dengan sasis baru Toyota New Global Architecture (TNGA).

    "Kami merasa Yaris yang tipe sekarang, yaris yang sesuai dengan kebutuhan kita, khususnya di region kita (Asia tenggara)," ungkap Anton Jimmy Selasa (8/9/2020) melalui webinar.

    Dia pun mengakui untuk model yang ada di Jepang dan Indonesia memiliki spesifikasi yang berbeda. Baik ukuran, fitur, dan mesin antara unit di Jepang dan Indonesia berbeda karena menyesuaikan dengan wilayahnya masing-masing.

    Sebagai contoh perbedaan yang paling kental adalah soal radius putar Yaris di Indonesia 5,1 meter dengan perbedaan di pengaturan bagian steering. Hal ini karena kondisi lalu lintas di Indonesia kerap ditemui kondisi putar balik, sedangkan di Jepang hampir tidak ada kondisi putar balik.

    Selain itu, model di Jepang sudah menganut sasis TNGA GA-B yang diperuntukan model compact. Penggunaan model GA-B membuat keseimbangan mobil lebih baik karena pusat gravitasi lebih rendah 12 mm dari generasi sebelumnya dan body lebih rigid 37 persen.

    Konsumen di Indonesia sekarang ini disuguhi New Yaris varian G sebagai varian entry level, menggantikan varian E yang dihilangkan, hingga varian TRD sebagai model tertingginya. Soal harga, New Yaris dibanderol mulai dari Rp 263,4 juta hingga Rp 301,4 juta varian tertinggi (on the road DKI Jakarta).

    (ACF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id