comscore

Ketika Mobil Paling Kencang di Dunia Bugatti Chiron Diadu dengan Mobil F1, Menang Mana?

Rendy Renuki H - 02 Juli 2021 17:07 WIB
Ketika Mobil Paling Kencang di Dunia Bugatti Chiron Diadu dengan Mobil F1, Menang Mana?
Balapan mobil paling cepat di dunia Bugatti Chiron melawan mobil F1 Red Bull Racing (Youtube/carwow)
Jakarta: Bugatti Chiron menyandang predikat sebagai mobil paling kencang di dunia. Predikat itu diraih usai serangkaian tes yang pernah dilakukan mobil berjenis hypercar tersebut.

Melansir Top Gear, mobil pabrikan Italia itu mencatatkan rekor 304.77mph pada 2019. Saat itu pengetesan dilakukan di Volkswagen Group test track, Jerman.

 



Sedangkan menurut Hindustan Times, rekor kecepatan Chiron diklaim mencapai 440kmph. Mobil ini hanya butuh waktu kurang dari tiga detik untuk mencapai kecepatan dari 0kmph sampai 100kmph.

Namun, apa jadinya jika mobil paling cepat sedunia itu diadu dengan mobil Formula 1 (F1). Apakah Chiron menang, atau mobil F1 yang dijuluki jet darat pemenangnya?

Pengetesan balap mobil itu pun diwujudkan kanal Youtube Carwow pada 26 Juni 2021 lalu. Bugatti Chiron dan mobil F1 tim Red Bull Racing beradu kecepatan dalam balapan drag race.

Sebelum balapan, jurnalis otomotif Mat Watson yang memandu konten itu pun membedah spesifikasi kedua mobil. Mulai dari dapur pacu hingga bobot dua mobil gahar tersebut.

Bugatti Chiron disokong mesin W16 quad-turbo 8 liter dengan 7 percepatan otomatis. Mesin itu bisa menghasilkan torsi 1.500hp dan 1.600Nm dengan dibebabi bobot mobil 1.995kg.

Sedangkan mobil F1 Red Bull Racing RB7 memakai mesin V8 2,4 liter 7 percepatan yang disokong Honda. Tenaga yang dihasilkan mobil juara dunia F1 2011 itu mencapai 750hp, namun bobot mobil lebih ringan yakni 650kg.

Tiba saatnya pengetesan, kedua mobil itu menjalani tiga kali balapan di sebuah landasan udara yang tak terpakai. Hasilnya, dari tiga kali balapan, Bugatti Chiron harus dua kali mengakui keunggulan lawan.

Mobil F1 memenangi balapan drag berjarak seperempat mil dengan waktu 9,2 detik. Sedangkan Chiron membutuhkan waktu 9,6 detik untuk menyentuh garis finis.

Namun, saat melakukan start jalan dari kecepatan 50kmph, Chiron secara mengejutkan berhasil mengalahkan mobil F1. Chiron memenangi balapan dengan kecepatan tertinggi 205mph atau 329,9kmph.

Balapan ini pun membuktikan Chiron masih pantas dinobatkan sebagai mobil paling cepat di dunia. Asalkan, jika mengacu kepada peruntukannya yang bisa dipakai di jalan raya, tak seperti F1 yang khusus mengaspal di sirkuit.

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id