Trik Mudah Menghilangkan Karet Wiper Mobil Berdecit

    M. Bagus Rachmanto - 06 November 2019 10:27 WIB
    Trik Mudah Menghilangkan Karet Wiper Mobil Berdecit
    Periksa wiper secara berkala agar siap menghadapi musim hujan. Englishforum
    Jakarta: Musim hujan tiba, ada baiknya pemilik mempersiapkan kondisi mobilnya agar siap menghadapi segala kemungkinan. Karena lama tidak dipakai, karet wiper biasanya suka mengeluarkan bunyi berderit atau mencuit.

    Kondisi ini tentunya sangat mengganggu dan bisa membuat pengemudi atau penumpang merasa tak nyaman. Seperti dilansir Auto2000, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini yang mungkin bermanfaat.

    1. Pastikan wiper dapat bergerak dengan baik. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mencoba salah satu cara di bawah ini adalah memastikan wiper dapat bergerak ke kedua sisi kaca. Gagang wiper tidak boleh tampak “menusuk” kaca atau tetap lurus, namun harus mampu bergerak mengikuti lengkungan kaca saat mengusap. Untuk memperbaiki gagang wiper, cukup putar ke arah yang sesuai hingga wiper kembali mampu mengusap kedua arah kaca. Setelah itu, wiper tidak akan mengeluarkan suara berderit lagi.

    2. Cuci kaca depan hingga bersih. Coba salah satu produk ini (namun jangan semuanya sekaligus) Windex, Cuka, Soda kue (taburkan ke tisu basah)

    3. Ganti karet wiper secara teratur. Karet pengganti tidak terlalu mahal harganya, jadi Auto Family bisa memilih salah satu yang berkualitas. Ganti setidaknya setahun sekali sebelum musim hujan.

    4. Isi kembali cairan penyemprot kaca. Banyak wiper akan “melompat” pada permukaan kaca yang tidak cukup basah. Jadi periksa ketinggian cairan pembersih kaca dan tambahkan jika perlu.

    5. Lembutkan karet wiper. Gunakan WD40: Semprotkan sedikit WD 40 pada tisu dan usapkan ke wiper yang berbunyi. Hati-hati, produk berbahan dasar minyak seperti WD 40 bisa mengikis karet, serta membuatnya kering dan kasar. Lama-kelamaan, karet juga akan hancur jika menggunakan terlalu banyak WD40.

    Gunakan cairan alkohol. Alkohol tidak akan merusak karet wiper. Basahi tisu dengan alkohol. Usapkan ke karet wiper. Alkohol akan membersihkan karet wiperdari kotoran dan minyak. Ulangi hingga seluruh permukaan wiper bersih dari kotoran dan debu. Tidak perlu melembutkan karet wiper yang telah digunakan selama 1 tahun atau lebih, cukup lepaskan dan ganti dengan yang baru

    6. Periksa apakah gagang wiper dan rangkaian karet wiper terlalu longgar atau kencang. Rangkaian yang terlalu kencang atau longgar juga bisa menyebabkan timbulnya suara mencuit.

    7. Jika ada baru saja menggunakan Rain-X atau memoleskan wax dan mendengar suara berderit, bersihkan produk itu dengan cairan pemoles biasa. Rain-X dan sejenisnya akan membentuk lapisan film yang menyebabkan keluarnya suara pada wiper.

    8. Ganti keseluruhan wiper. Seiring waktu, pemakaian, dan kerusakan, gagang karet wiper akan berubah bentuk. Jika wiper tidak lagi mengikuti bentuk lengkungan kaca depan, saatnya untuk mengganti dengan yang baru.

    Lakukan perawatan berkala wiper setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima. 



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id