Mobil Klasik

    Mengenal S500, Mobil Penumpang Pertama Honda

    Ekawan Raharja - 25 Januari 2021 10:00 WIB
    Mengenal S500, Mobil Penumpang Pertama Honda
    Honda S500. Honda



    Jakarta: Honda merupakan sebuah merek kendaraan yang hingga sekarang masih aktif memproduksi sepeda motor dan mobil, termasuk untuk pasar Indonesia. Tetapi apakah Anda mobil pertama apa yang diproduksi oleh jenama asal Jepang tersebut?

    Mobil penumpang pertama yang diproduksi oleh Honda adalah model S500. Mobil ini tergolong high performance di zamannya karena berstatus sebagai mobil sport tanpa atap yang memiliki kapasitas penumpang untuk 2 orang.






    S500 diluncurkan pertama kali di ajang Japan National Auto Show pada Oktober 1962, dan resmi dipasarkan di awal tahun 1963. Mobil ini mengusung mesin berkapasitas 531 cc berpendingin air yang memiliki 4 silinder DOHC dikombinasikan dengan 4 karburator yang mengirimkan tenaga ke roda belakang melalui penggerak rantai. Mobil ini  memiliki daya sebesar 44 daya kuda @ 8000 rpm dengan torsi sebesar 44,7 Nm.

    Dari segi transmisi, S500 mengandalkan transmisi manual 4 percepatan. Kombinasi mesin dan transmisi yang digunakan bisa membuat kecepatan maksimal mobil mencapai 129 kilometer per jam.

    S500 memiliki berat sekitar 725 kilogram, panjang keseluruhan bodi 3,3 meter dan lebar antar roda 2 meter. Sistem suspensi yang digunakan untuk bagian depan adalah A-arms dan torsion bar dan bagian belakang menggunakan trailing arm dan coil spring.

    Halaman Selanjutnya
    Pada tahun 1964, rival Toyota…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id