Regulasi Fiskal dan Non Fiskal Kendaraan Listrik Dipermudah

    Ahmad Garuda - 18 September 2019 17:48 WIB
    Regulasi Fiskal dan Non Fiskal Kendaraan Listrik Dipermudah
    Kendaraan listrik bakal dimudahkan dalam hal kebijakan fiskal dan non fiskal. Toyota
    Jakarta: Regulasi kendaraan listrik yang terus dibahas dan mulai didetailkan, hingga saat ini terus berlangsung. Bukan hanya soal PPnBM berdasarkan kapasitas motor listriknya, namun juga soal kebijakan fiskal dan non fiskal.

    Menurut Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemerterian Perindustrian, Harjanto kepada Medcom.id beberapa saat lalu, mengatakan bahwa kendaraan listrik yang akan digunakan di Indonesia, bakal diberikan beberapa kemudahan. Termasuk kebijakan fiskal dan non fiskal.

    "Jadi kami akan menstimulasi pasar otomotif tanah air dengan cara memberikan perlakuan khusus bagi mereka yang menggunakan kendaraan listrik. Termasuk kebijakan fiskal dan non fiskal. Misalnya seperti pajak, regulasi lalu lintas hingga juga sistem hal-hal lain seperti jalur khusus atau tempat parkir khusus," klaim Harjanto.

    Salah satu contoh konkrit yang sudah dilakukan adalah pembebasan dari regulasi ganjil-genap jika melintas di jalan-jalan utama atau protokol yang saat ini kena regulasi tersebut. Tujuannya jelas agar pengguna mobil listrik bisa lebih banyak dengan alasan mereka bebas melenggang di zona ganjil-genap tanpa risau melakukan pelanggaran.

    Hal ini pun sudah dikomunikasikan dengan intensif oleh Dinas Perhubungan setempat terutama untuk wilayah DKI Jakarta. Bahwa kendaraan listrik tidak akan dikenakan regulasi tersebut.

    "Pemerintah sudah komitmen memberikan banyak kemudahan untuk mempercepat proses elektrifikasi industri otomotif dan pengguna mobil listrik di Indonesia. Minimal dengan diberikannya ragam kemudahan di Kota Jakarta, menjadi penyemangat industri yang bermain di segmen mobil listrik untuk melakukan transformasi lebih cepat."

    Komitmen ini juga sudah mereka perlihatkan melalui digelarnya pameran khusus untuk kendaraan listrik beberapa waktu lalu oleh BPPT. Mereka bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan memberikan pengenalan lebih jauh kepada khalayak masyarakat tentang mobil listrik. Termasuk perilaku berkendara dan juga teknologi seperti fitur-fiturnya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id