comscore

Membedah Sirkuit Ancol untuk Formula E, Panjangnya 2,4 km

Ekawan Raharja - 23 Desember 2021 15:00 WIB
Membedah Sirkuit Ancol untuk Formula E, Panjangnya 2,4 km
Lay Out Sirkuit Ancol untuk Formula E. Organizing Committee Formula E Jakarta 2022
Jakarta: Organizing Committee Formula E dan Jakpro sebagai penyelenggara Formula E Jakarta sudah menunjuk Kawasan Ancol, Jakarta Utara, sebagai lokasi balapan. Selain itu, mereka juga sudah memberikan gambaran bagaimana sirkuit tersebut akan dibangun.
 
Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022, Ahmad Sahroni, menyebutkan sirkuit ini dibangun dengan mengikuti berbagai spesifikasi dari FEO dan FIA. Rencananya, sirkuit akan selesai pada Bulan April 2022 mendatang.
 
"Adapun beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami adalah venue yang ikonik, yang khas Jakarta, namun juga sesuai dengan standar FEO dan FIA," buka Ahmad Sahroni pada Rabu (22/12/2021).
 
Dari data spesifikasi sirkuit, Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) ini memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer dengan lebar 12 meter. Kemudian supaya lebih menantang, desain sirkuit ini akan memiliki 18 tikungan.
 
Nantinya, para pembalap Formula E akan mengitari sirkuit dengan desain seperti kuda lumping ini searah jarum jam atau clockwise.
 
Di sirkuit ini, mobil formula bertenaga listrik juga bisa digeber sampai kecepatan tinggi. Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) punya lintasan lurus sepanjang 600 meter sehingga dirasa cukup untuk menggeber mobil Formula E sampai kecepatan tinggi.
 
“Track E-Prix adalah track jalan raya, jadi spesifikasinya mirip jalan raya. Lokasi pembuatan track sudah relatif padat dan rata, sehingga pengerjaan track akan dapat dilakukan dengan cepat."
 
Pembangunan Sirkuit Tidak Memakai APBD DKI Jakarta
Sahroni juga menegaskan pembangunan lintasan ini menggunakan dana dari Jakpro, yang nantinya akan juga melibatkan sponsor. Jadi, tidak ada pendanaan dari APBD dalam pembangunan ini. 
 
“Yang perlu ditegaskan juga bahwa dalam pembangunan ini tidak ada dana APBD maupun PMD yang digunakan. Jadi semuanya hanya dari Jakpro dan sponsor, dengan lintasan yang permanen sehingga dapat digunakan untuk berbagai event autosport sepanjang tahun,” sambungnya.

(ERA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id