Regulasi Pemerintah

    Begini Bentuk Pelat Nomor Khusus Kendaraan Listrik

    Ekawan Raharja - 01 Oktober 2020 15:00 WIB
    Begini Bentuk Pelat Nomor Khusus Kendaraan Listrik
    Bentuk pelat nomor kendaraan listrik di Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Pemerintah perlahan sudah mulai mempersiapkan kehadiran mobil listrik dengan melengkapi peraturan dan infrastrukturnya. Bahkan pemerintah sudah mempersiapkan pelat nomor kendaraan khusus bagi kendaraan ramah lingkungan tersebut.
     
    Tim Medcom.id mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana bentuk pelat nomor untuk mobil listrik tersebut. Secara keseluruhan tidak ada perbedaan dari segi ukuran dan bahan, hanya saja ada garis biru di bagian bawah.
     
    Kepala Seksi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Martinus Aditya, menjelaskan tidak ada perbedaan ukuran dan bahan, tetapi di bagian bawahnya diberikan garis warna biru. Menurutnya garis biru ini lebih kepada tanda bahwa mobil tersebut merupakan mobil listrik.
     
    "Untuk kendaraan listrik sudah menggunakan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) kami yang baru yang ada lis warna birunya. Sebetulnya spek dan ukurannya sama, yang beda cuma ini (sambil menunjuk lis biru)," ungkap Kompol Martinus Aditya Rabu (30/9/2020) kepada Medcom.id.
     
    Dia juga menjelaskan untuk pelat nomor berwarna merah, putih, dan kuning yang menggunakan kendaraan listrik, maka tetap akan diberikan lis biru sebagai tandanya. "Sama pelat merah, pelat putih, tidak ada beda itu."
     
     

    Pelat Ini Khusus untuk Kendaraan Full Listrik

    Begini Bentuk Pelat Nomor Khusus Kendaraan Listrik

    Secara keseluruhan, pelat bergaris biru ini akan hanya digunakan untuk kendaraan bermotor yang menganut teknologi listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV). Sedangkan untuk kendaraan bermotor yang masih menggunakan teknologi hybrid atau plug-in hybrid (PHEV) masih menggunakan pelat nomor hitam seperti biasa,.
     
    "Ini kan menggunakan baterai, listrik murni. Separuh mesin (hybrid), bukan," terangnya.
     
    Dia juga menjelaskan pelat nomor khusus kendaraan listrik ini akan diberikan mulai bulan ini. Artinya, untuk kendaraan listrik yang mulai didaftarkan per bulan ini, nanti akan mendapatkan pelat nomor bergaris biru ini.
     
    "Kalau pembagian ini mulai dari bulan ini sebetulnya. Kalau di kita berlaku mulai bulan ini ya."
     
    Sedangkan untuk kendaraan listrik yang sudah menggunakan pelat nomor hitam seperti biasanya juga masih tetap berlaku dan bisa digunakan. Nantinya pergantian pelat nomor akan dilakukan setelah melakukan pajak 5 tahunan kendaraan dan sekaligus diberikan pelat nomor lis biru ini.(ERA)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id