Indonesia Bakal Mainkan Peran Utama Kendaraan Listrik Dunia

    Ekawan Raharja - 21 Oktober 2021 11:00 WIB
    Indonesia Bakal Mainkan Peran Utama Kendaraan Listrik Dunia
    Sasis kendaraan listrik milik City Transformer CT-1. City Transformer



    Jakarta: Kementerian Perindustrian meyakini Indonesia bakal memiliki peranan strategis di industri otomotif masa depan, khususnya untuk kendaraan listrik. Bahkan Indonesia juga diyakini bakal menjadi salah satu pemeran utama dalam sektor kendaraan ramah lingkungan tersebut, baik mobil listrik dan motor listrik.

    Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyebutkan meningkatnya kebutuhan baterai kendaraan listrik dinilai akan mendukung peran strategis dalam rantai pasok global industri kendaraan listrik. Hal ini mengingat posisi Indonesia sebagai pemilik cadangan nikel terbesar di dunia serta masih tingginya cadangan bahan baku primer lainnya seperti cobalt, mangan, dan aluminium.

     



    ”Saat ini, ada sembilan perusahaan yang mendukung industri baterai, yang meliputi lima perusahaan penyedia bahan baku baterai terdiri dari nikel murni, kobalt murni, ferro nikel, endapan hidroksida campuran, dan lain-lain, serta empat perusahaan adalah produsen baterai,” ungkapnya.

    Dengan demikian, Indonesia mampu mendukung rantai pasokan baterai untuk kendaraan listrik mulai dari bahan baku, kilang, manufaktur sel baterai dan perakitan baterai, manufaktur kendaraan listrik, hingga daur ulang baterai kendaraan listrik.

    ”Masa depan kendaraan listrik juga tergantung pada inovasi baterai yang saat ini cenderung tidak menggunakan bahan baku nikel, kobalt, dan mangan seperti lithium sulfur dan lithium ferro phosphor yang membuat baterai lebih murah, termasuk juga inovasi solid baterai dan pengembangan basis storage hidrogen,” paparnya.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id