Rapor Merah Pasar Otomotif Indonesia

    Ekawan Raharja - 15 November 2019 08:11 WIB
    Rapor Merah Pasar Otomotif Indonesia
    Pasar otomotif Indonesia sedang lesu. MI
    Jakarta: Kondisi pasar otomotif di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan mengalami kondisi naik turun karena terkait kondisi ekonomi dan politik. Bahkan untuk penjualan 2019, kondisinya tidak lebih baik dari tahun sebelumnya.
     
    Menurut data wholesale Gaikindo per September 2019, total pasar otomotif baru di angka 849.609 atau turun sekitar 11,8 persen. Sebagai perbandingan di periode yang sama 2018, pasar otomotif sudah bisa mencapai 962.834 persen.
     
    Turunnya penjualan mobil di Indonesia, memang tidak terlepas dari berbagai kondisi yang ada seperti kondisi politik di awal tahun yang cukup panas dan ekonomi global yang melemah. Efeknya, para merek mobil yang ada di Indonesia mengalami kesulitan dalam memasarkan mobil yang dimilikinya.
     
    Hampir mayoritas mengalami penurunan penjualan, meski ada beberapa yang bisa meningkatkan penjualan di dalam negeri. Namun setiap merek mendapatkan rapor merah dalam urusan penjualan.
     
    Sebagai contoh untuk kendaraan penumpang, Chevrolet merasakan penurunan penjualan sangat signifikan karena mencapai 51,6 persen. Sedangkan Toyota menjadi merek yang paling kecil penurunannya hanya 6,2 persen.
     
    Di sela-sela itu, ada beberapa merek yang masih bisa meningkatkan penjualannya di tengah pasar otomotif yang sedang lesu. Seperti contoh DFSK yang kini bisa meningkatkan penjualannya 215,9 persen dengan 3.105 unit. Begitu juga Nissan dan Wuling Motors yang sama-sama bisa meningkatkan 98 persen dan 17,8 persen penjualannya.
     
    Saat ini masih terdapat dua bulan penjualan sebelum menutup 2019. Kira-kira akankah pasar otomotif bisa menjual satu juta unit mobil seperti tahun-tahun yang sudah?

    Rapor Merah Pasar Otomotif Indonesia


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id