Teknologi Otomotif

    Teknologi Mobil Masa Depan, Buka Pintu Hanya Scan Gawai

    Ekawan Raharja - 21 Februari 2020 14:44 WIB
    Teknologi Mobil Masa Depan, Buka Pintu Hanya Scan Gawai
    Apple mengembangkan teknologi untuk membuka kunci mobil. Hyundai
    Amerika Serikat: Perkembangan teknologi otomotif merebak ke berbagai komponen, termasuk penggunaan kunci untuk membuka mobil. Sekarang ini sudah memasuki masa di mana batang kunci mulai ditinggalkan, berganti dengan remot atau lebih dikenal keyless.

    Kemudian untuk di masa depan, kemungkinan teknologi ini akan berkembang dan kunci 100 persen ditiadakan. Sebagai gantinya, pemilik mobil bisa menggunakan gawainya untuk membuka kunci mobil kesayangan mereka.

    Prototipe teknologi ini sudah dikembangkan oleh Apple. Rencananya perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini akan merilis versi beta iOS terbaru yaitu 13,4, yang memiliki fitur untuk mengunci dan membuka pintu mobil melalui NFC di iPhone atau Apple Watch. Pemilik mobil hanya cukup memegang gawai mereka dan menempelkannya ke handle pintu.

    Selain itu, pemilik mobil bisa juga membagikan kunci mobil digital tersebut ke anggota keluarga lain atau ke teman untuk membuka mobil. Melalui sebuah aplikasi kunci mobil digital, akan ada menu pilihan berbagi kunci dengan orang lain. Pemilik mobil cukup mengundang beberapa anggota keluarga dan temannya ke dalam aplikasi tersebut.

    Rencananya, aplikasi ini akan bisa digunakan di banyak merek mobil. Hingga saat ini, Apple dipastikan sudah bekerja sama dengan beberapa grup merek mobil ternama, seperti BMW Group, Jaguar Land Rover, PSA Group, General Motors (GM), Honda, Hyundai, Mercedes-Benz, Renault, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Volvo.

    Salah satu fitur yang masih dalam tahap pengembangan yaitu Bluetooth Low Energy, yang akan membuat perangkat kunci digital tetap bisa digunakan meski dalam kondisi baterai rendah, serta Ultra Wideband yang memungkinkan, pengguna untuk tidak perlu menempelkan smartphone-nya ke handle pintu, dan hanya cukup menggenggamnya dalam jarak tertentu atau bahkan tetap menyimpan di dalam saku.

    Belum diketahui kapan teknologi ini akan diaplikasikan. Kira-kira anda tertarik menggunakannya?



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id