Peristiwa Otomotif

    Sejarah Klakson, Diambil dari Nama Perusahaan

    Ekawan Raharja - 28 Juli 2020 08:17 WIB
    Sejarah Klakson, Diambil dari Nama Perusahaan
    Berbagai jenis klakson yang dimiliki Bosch. Bosch
    Jakarta: Seluruh kendaraan sekarang ini sudah dilengkapi dengan klakson sebagai alat pemberitahu melalui suara. Tetapi siapa yang mengetahui arti nama klakson, ternyata berasal dari sebuah nama perusahaan.
     
    Dewasa ini sudah banyak perusahaan yang memproduksi klakson, mulai dari Hella sampai Bosch. Jika merunut sejarahnya, alat penghasil suara ini awalnya diproduksi oleh sebuah perusahaan Klaxon co. ltd.
     
    Kemudian pada 1908 klaxon diresmikan melalui paten yang didaftarkan secara resmi di Inggris oleh Miller Reese Hutchison. Dia pertama kali membuat klakson untuk mobilnya dan menjualnya ke orang lain.
     
    Sedangkan nama Klaxon ini awalnya diberikan oleh Franklyn Hallett Lovell Jr. Dia memilih bahasa Yunani kuno, klazo, yang berarti jeritan. 
     
    Sejarah Klakson, Diambil dari Nama Perusahaan

    Di tahun yang sama, Klaxon pun akhirnya menjual alatnya sebagai pertanda untuk kendaraan. Namun lama-kelamaan penggunaan klakson tidak hanya terbatas untuk kendaraan bermotor saja, namun untuk kebutuhan lainnya seperti sirene pemadam kebakaran atau kebutuhan pabrik.
     
    Lama-kelamaan nama klaxon ini kemudian menjadi familiar, dan diserap di berbagai bahasa untuk menyebut alarm peringatan di mobil. Di Indonesia namanya menjadi klakson, kemudian di Jepang menjadi kurakushon, Italia menjadi clacson, di Belanda menjadi claxon, dan berbagai negara lainnya yang menyerap nama Klaxon.
     
    Uniknya, suara klaxon asli bukan seperti yang kita dengar sekarang ini ' tin... tin..." di jalan-jalan. Ternyata begini suara aslinya!



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id