Mobil Baru

    Selamat Tinggal BMW i8

    Ekawan Raharja - 29 Juni 2020 14:44 WIB
    Selamat Tinggal BMW i8
    BMW i8 produksi terakhir di Leipzig Jerman. BMW
    Leipzig: BMW i8 sebagai lini mobil yang ditawarkan kini sudah memasuki masa senjakala, dan sudah mengakhiri masa produksinya pada pekan lalu. Tercatat selama enam tahun diproduksi, sportcar plug-in hybrid ini sudah diproduksi sebanyak 20.500 unit untuk seluruh negara.
     
    Mobil terakhir yang lahir dari pabrik BMW di Leipzig adalah berwarna Portimao Blue yang dipesan secara khusus oleh konsumen di Jerman. i8 Portimao Blue ini merupakan satu dari 18 unit terakhir yang diproduksi di pabrik dengan personalisasi warna dan trim interior.
     
    "i8 merupakan kendaraan unik yang diproduksi di pabrik oleh karyawan khusus. Semua pengalaman berada di sini, pabrik Leipzig, memastikan keahlian Grup BMW dalam konstruksi ringan adalah hal yang unik di industri otomotif. i8 merupakan bagian tak terpisahkan dari Leipzig. Model ini menjadi citra untuk Grup BMW dan pabrik,:" ungkap Manager Pabrik BMW Leipzig, Hans-Peter Kemser, dikutip dari Carscoops.
     
    Secara keseluruhan mobil listrik ini bukanlah model dengan penampilan terbaik, namun sedan dua pintu ini memainkan peranan penting di produsen asal Jerman itu. Salah satunya adalah penggunaan aluminium sasis dengan carbon fiber reinforced plastic (CFRP) yang ringan sebagai kompensasi bobot baterai.
     
    Dapur pacunya mengandalkan kombinasi mesin konvensional dan motor listrik. Baik model coupe dan roadster masih dibekali dengan mesin 1.500 cc turbocharger 3-silinder yang sanggup memproduksi tenaga 231 daya kuda dan motor listrik bertenaga 143 daya kuda.
     
    Jika di total, 374 daya kuda yang dihasilkan sumber tenaga itu dapat melesatkan 0-100 kilometer per jam i8 dalam tempo 4,2 detik dan i8 Roadster 4,4 detik. Sedangkan untuk kecepatannya dibatasi di angka 250 kilometer per jam.
     
    Kemudian baterai yang digunakan berukuran 34 Ah dengan tenaga mencapai 11,6 kWh. Alhasil kecepatan yang dihasilkan ketika menggunakan mode eDrive bisa mencapai 105 kilometer per jam, dengan jarak tempuh kini 54.7 kilometer.
     
    i8 juga sudah pernah diniagakan di Indonesia, baik model roadster ataupun Coupe. Kala peluncurannya pada 2018, i8 Roadster ditawarkan dengan harga Rp3,969 miliar (off the road). Sayangnya saat ini, i8 tampaknya sudah tidak diniagakan lagi karena sudah hilang dari daftar harga mobil BMW di Indonesia.
     

    Barisan Penghormatan i8

    Selamat Tinggal BMW i8

    Kini dengan sudah rampungnya seluruh produksi i8, ke-18 mobil yang diproduksi terakhir ini membuat sebuah barisan sebagai ucapan perpisahan. Tampak menarik barisan ini karena berisikan sejumlah warna unik seperti Austin Yellow, British Racing Green, hingga Le Mans Blue.
     
    BMW mengatakan bahwa membangun 18 mobil secara berurutan dalam satu warna merupakan tantangan. Itu memaksa teknisi pabrik untuk mewarnainya dengan tangan.
     
    "Produksi BMW i8 berakhir dengan akhir seperti ini adalah sesuatu yang kita semua bisa sangat bangga," lanjut Hans-Peter Kemser.
     
    Mengingat ke-18 mobil ini sudah ada yang punya, pabrikan ini juga mengundang seluruh konsumennya ke pabrik. Mereka datang ke pabrik untuk melihat mobilnya mereka meninggalkan gerbang pabrik Leipzig. Membentuk iring-iringan yang dipimpin safety car BMW i8 sebagai salam perpisahan.


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id